2019, 38 Sekolah di Kudus Dapat Bantuan DAK 

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus mencatat setidaknya ada 38 sekolah yang mendapat bantuan melalui Dana Alokasi Khusus di tahun 2019. Bantuan tersebut diperuntukkan untuk rehab dan pembanguan gedung sekolah.

Kasi Sarpras pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Supriyono mengatakan untuk total anggaran secar keseluruhan mencapai Rp 10 miliar. Jumlah tersebut dikucurkan ke 34 Sekolah Dasar (SD) dan empat SMP di Kudus.

“Tahun ini, ada empat SMP negeri yang mendapat bantuan. Di antaranya, SMP 1 Kudus, SMP 3 Kudus, SMP 3 Jekulo serta SMP 1 Kaliwungu,” ucapnya.

Secara rinci, pihaknya mengatakan, untuk rehap ruang kelas dialokasikan Rp 70 juta peruangannya. Perealisasi kegiatannya berupa perbaikan atap, kusen jendela, hingga dinding ruang kelas.

Sementara untuk pembangunan jamban dialokasikan dana sebesar Rp 99 juta per paketnya. Hingga kini pun, pengerjaan jamban di sejumlah sekolah masih dilangsungkan.

“Total anggaran dari DAK tahun ini sebesar Rp 10,687 miliar,” rincinya.

Jumlah tersebut, kata Supri, jika dibandingkan tahun lalu, jumlah sekolah yang menerima bantun DAK tahun ini lebih sedikit. Mengingat tahun sebelumnya ada 45 SD yang mendapatkan DAK dengan total anggaran sebesar Rp 8,4 miliar.

“Sedangkan untuk 5 SMP mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,4 milar,” terangnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris mengharapkan perbaikan-perbaikan sekolah yang rusak maupun perlu pembenahan untuk segera dilakukan. Terlebih pada sekolah-sekolah yang terkena dampak bencana puting beliung beberapa waktu lalu.

“Perbaikan diharapkan segera dilakukan agar tidak membahayakan siswa serta kegiatan belajar mengajar dapat tetap berlanjut,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

DAKkudusSD