Disdukcapil Kudus Buka Layanan Pengaduan NIK dan KK Tak Sinkron Bagi Pelamar CPNS

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus mulai membuka pelayanan help desk untuk pengaduan NIK dan KK yang tidak sinkron. Langkah ini menyusul banyaknya pelamar CPNS yang mengalami kesulitan login di sscasn pendaftaran karena hal ini.

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko mengatakan, pembukaan help desk sebenarnya telah dilakukan mulai kemarin. Untuk lokasinya, berada di ruang paling depan gedung pelayanan kependudukan.

“Kami sediakan ruang khusus untuk ini guna merespon keluhan masyarakat, khususnya perihal validasi data kependudukan,” ucapnya Jumat (15/11/2019)

Setelah mengadu, masyarakat yang datanya bermasalah akan segera divalidasi dan diproses. Langkahnya dengan cara mengirim data NIK lewat kultur jaringan untuk diupdate. Data pemohon kemudian akan berubah dan valid setelah 1×24 jam.

“Dalam pelayanan ini kami upayakan kecepatan pelayanannya,” katanya.

Untuk alasan mengapa tidak valid, Eko menerangkan jika biasanya yang bersangkutan telah melakukan perubahan data. Sehingga mengakibatkan nomor KK berubah. Dan data di pusat belum sinkron.

“Kebanyakan kasus seperti ini, kami upayakan pelayanan yang maksimal untuk mengatasinya,” terangnya.

Sementara Bintoro (29), salah satu warga yang melakukan pengaduan mengaku terbantu dengan layanan yang ada di Disdukcapil Kudus. Adanya help desk pengaduan NIK dan KK ini dirasa bisa memudahkan masyarakat untuk memecahkan masalah yang ia alami kini.

“Ini cukup membantu, ternyata sudah disiapkan pelayanan khususnya, terimakasih,” tambahnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

CPNSlayanan pengaduanValidasi Data