Lima Desa Rawan Bencana di Mejobo Kudus Diminta Bentuk Satgas Tanggap Bencana

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak lima desa rawan bencana di Kecamatan Mejobo, Kudus diminta untuk membentuk tim satuan tugas (satgas) tanggap bencana. Tim dibentuk guna menangani ataupun mengevakuasi apabila terjadi bencana banjir ataupun puting beliung.

Kelima tersebut yakni Desa Mejobo, Desa Temulus, Desa Kirig, Desa Kesambi, dan Desa Payaman. Kelima desa tersebut sebelumnya memang telah dipetakan pada daerah rawan bencana.

“Kami harapkan semua desa di wilayah Mejobo, utamanya lima desa segera membentuk tim satgas tanggap bencana untuk mempercepat penanganan,” ujar Harso, Jumat (15/11/2019)

Selain melakukan proses evakuasi ataupun penanganan bencana, lanjut Harso, pembentukan Satgas Tanggap Bencana juga diharapkan bisa meringankan beban tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus.

“Dan tentunya mempercepat penanganan bencana,” katanya.

Selain itu, Harso kembali mengingatkan agar pihak pemdes mengalokasikan anggaran untuk penanganan bencana di wilayah masing-masing. Sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, Pemdes sudah siap dan mandiri, dalam menangani masalah itu.

“Ini tentunya akan meringankan beban dari BPBD, desa jug bisa mandiri,” ujarnya.

Soal penanganan banjir, pihaknya telah melakukan beberapa normalisasi di beberapa sungai. Utamanya adalah Sungai Piji di Desa Kesambi. Perkembangan debit air di Sungai Pendo, Poceho dan Dawe juga akan terus dipantau pihaknya.

“Terus kami monitoring, sebagai daerah rendah di Kudus kami patut siaga,” terangnya.

Terpisah, Sekda Kudus Sam’ani Intakoris mengatakan untuk pembentukan Satgas Tanggap Bencana di tingkat desa, Pemdes diminta segera berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Kudus. Tim relawan akan membantu dan memberikan ilmu evakuasi korban apabila terjadi bencana di daerahnya.

“Segera koordinasi dengan BPBD Kudus, untuk pembentukan Satgas Tanggap Bencana,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

BPBD Kudusdesa rawan bencanaSatgas Tanggap Bencana