Korban Puting Beliung di Mejobo Kudus Butuh Bantuan 14 Ribu Genting

MURIANEWS.com, Kudus – Camat Mejobo Harso Widodo mengaku membutuhkan ribuan genting untuk memperbaiki atap rumah korban angin puting beliung, Selasa (12/11/2019) lalu. Kebutuhan genting bahkan diperkirakan mencapai 14 ribu genting.

“Saat ini bantuan yang masuk sudah setengahnya. Semoga ada dermawan lagi yang menyumbang,” katanya.

Selain bantuan dari masyarakat, Pemerintah Desa Temulus juga menyiapkan anggaran sebesar Rp 8 juta untuk membeli tiga ribu genteng. Jumlah tersebut bakal disaluraknan kepada warga yang rumahnya kena bencana angin puting beliung.

Selain dari pemerintah desa, bantuan genting juga datang dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kudus. Dengan mendistribusikan bantuan sebanyak empat ribu genting ke desa Temulus dan Kirig.

Dengan total tersebut, Pendistribusian akan dibagi menjadi enam ribu genting ke Desa Temulus untuk 81 penerima dan seribu genting ke Desa Kirig untuk 35 penerima.

“Kerusakan atap rumah paling banyak di Temulus. Kalau di Kirig keruskannya tidak begitu parah,” jelasnya.

Harso menambahkan, peengawalan terkait pendistribusian genting akan pihaknya lakukan bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Guna memastikan kegiatan distribusi bantuan bisa berjalan dengan lancar.

“Tentu akan kami awasi, supaya tidak ada provokasi dalam hal ini, mengingat sedang dalam masa kampanye juga,” tandasnya.

Seperti diketahui, Desa Temulus dan Desa Kirig di Kecamatan Mejobo menjadi dua desa yang terdampak angin puting beliung yang kembali menerjang Kabupaten Kudus, Selasa (12/11/2019) sore. Meski tak ada korban jiwa, puluhan rumah warga di dua desa porak poranda akibat sapuan angin.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

gentingkudusMejoboPuting Beliung