Peringati Hari Pahlawan, Puluhan Veteran Pejuang Diberi Santunan Pemkab Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2019, Pemerintah Kabupaten Kudus memberikan santunan pada 74 orang yang terdiri dari mantan veteran pejuang dan istri veteran.

Penyerahan, dilakukan di Pendapa Kabupaten Kudus, Minggu (10/11/2019) pagi oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo. Masing-masing dari para veteran menerima uang santunan sebesar Rp 500 ribu.

“Ini adalah bentuk penghargaan pada mereka,” katanya usai memimpin Upacara Hari Pahlawan.

Hartopo menyebut, jika perjuangan mereka perlu dikenang. Para pejuang yang telah gugur membela bangsa dan negara di era dulu hingga kini pun patut diapresiasi semua jasa-jasanya.

Hal tersebut dikarenakan perjuangan para pahlawan yang tak kenal lelah dalam membela Indonesia. Para pejuang juga telah berjuang tanpa pamrih. Hal inilah yang diharapkan Hartopo bisa ditiru oleh para pejuang di era sekarang.

“Sikap-sikap pahlawan inilah yang perlu ditiru dan diteladani,” ucapnya.

Selain itu, Hartopo juga menyampaikan pidato Menteri Sosial RI Juliari P Batubara. Dalam amanatnya, ia berpesan pada seluruh masyarakat untuk tetap menjadi pahlawan-pahlawan masa kini yang bermanfaat bagi sekitarnya.

“Jadilah pahlawan masa kini yang memiliki kepedulian terhadap sesama yang memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” pesannya.

Lebih lanjut, ia mengutip pesan pendiri bangsa Indonesia Ir. Soekarno. Yang berpesan hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawan dapat menjadi bangsa yang besar. Karena itulah pihaknya mengajak masyarakat untuk menghargai jasa pahlawan dengan berjuang meneruskan cita-cita bangsa.

“Jika perjuangan pahlawan zaman dahulu ditunjukkan dengan tenaga harta dan nyawa, kita sebagai penerus dapat berjuang dengan menorehkan prestasi yang dapat membawa harum Indonesia dimata internasional,” terang Juliari dalam sambutannya yang dibacakan Hartopo.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Eeditor: Ali Muntoha

Hari Pahlawankudusveteran