Gubernur Ganjar Angkat Suara Soal Geger Desa Siluman

MURIANEWS.com, Semarang – Dugaan adanya “desa siluman” yang dilontarkan Menteri Keuangan Sri Mulyani membuat geger. Pasalnya, desa-desa yang diduga tidak ada itu menerima kucuran Dana Desa dari pemerintah pusat yang jumlahnya cukup besar.

Ada beberapa desa disebut Menteri Sri Mulyani merupakan ”desa siluman”, karena bermunculan sejak diadakannya program Dana Desa dari pemerintah pusat. Desa tersebut muncul tiba-tiba demi mendapatkan alokasi anggaran program dana desa yang sudah dijalankan pemerintah.

Belakangan mencuat ada empat desa di Sulawesi Utara (Sultra) yang diduga sebagai “desa siluman” penerima Dana Desa.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga angkat bicara mengenai hal ini. Menurut dia, “desa siluman” merupakan kasus yang sudah lama.

Maka saat ini lanjut dia, tugas pemerintah baik di tingkat pusat sampai ke daerah adalah memastikan data desa adalah benar.

“Itu kasusnya sudah lama, sekarang semuanya harus evaluasi. Pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota harus memastikan kebenaran data tentang jumlah desa termasuk pemekarannya,” kata Ganjar, Jumat (8/11/2019).

Soal siluman atau tidak lanjut Ganjar, itu adalah soal data. Maka, dirinya mengusulkan agar Kementerian Desa, Kementerian Dalam Negeri dibantu Gubernur, bupati/wali kota hingga camat untuk update data desa.

Ganjar juga menilai tidak sulit untuk menindaklanjuti dugaan empat “desa siluman” tersebut. Apalagi jika ada transfer Dana Desa ke desa-desa itu, dan terpakai menurut dia, pasti ada yang menyalahgunakan dana tersebut. “Apalagi cuma empat. Dipanggil saja bupatinya, maka selesai,” tegasnya.

Sementara terkait penyaluran Dana Desa di Jawa Tengah, Ganjar memastikan jika prosesnya berjalan baik. Bahkan dari dana desa yang diberikan lanjut Ganjar, saat ini sudah dirasakan manfaatnya. Banyak sekali desa-desa di Jawa Tengah yang menjadi lebih maju dengan berbagai inovasi yang dilakukan.

“Sudah kelihatan sekali manfaatnya, banyak desa yang berkembang luar biasa. Sekarang di desa-desa itu muncul berbagai inovasi, baik bidang teknologi, pertanian dan lainnya. Yang menyenangkan, desa wisata tumbuh pesat di Jateng yang membuat banyak wisatawan datang,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

dana desadesa silumanGanjar Pranowo
Comments (0)
Add Comment