Penjaga Malam Pasar Karanglewas Banyumas Diseret Pedagang ke Kantor Polisi

MURIANEWS.com, Purwokerto – Seorang penjaga melam di Pasar Karanglewas, Kabupaten Banyumas, berinsial FS (25) Senin (8/7/2019) ditangkap dan diarak ke kantor Polsek Purwokerto Barat. Orang yang menangkap FS ialah para pedagang yang merasa menjadi korban.

FS diduga selama beberapa bulan terakhir telah melakukan pencurian di dalam kios pasar. Lebih dari 10 pedagang yang mengaku sering kehilangan uang maupun dagangan  di dalam kios.

“Yang dicuri berupa jajanan dan uang recehan yang ditinggal pedagang. Kalau jajanan, mungkin untuk ngemil karena dia (pelaku) jaga malam,” kata Hanif Faturrohman, salah satu pedagang dilansir Antara.

Sebelum ketahuan jika pelakunya merupakan salah seorang petugas keamanan pasar setempat, pedagang menduga jika pelakunya adalah pelaku pesugihan. Karena yang hilang hanya uang recehan yang ditinggal di kios.

Oleh karena itu, pedagang berusaha mengincar pelaku pencurian tersebut. Namun saat memeriksa CCTV di salah satu kios, ternyata pelaku pencurian itu adalah penjaga keamanan pasar.

“Sepekan terakhir kami memasang CCTV di kios. Selama itu, kami kehilangan hingga empat kali namun yang terekam di CCTV hanya tiga kali,” katanya.

Meski yang diambil adalah uang recehan, namun kerugian yang diderita para pedagang ditaksir mencapai belasan juta rupiah. Karena aksi pencurian itu telah dilakukan sejak beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, Kepala Pasar Karanglewas Erli Darmawan mengatakan bahwa perbuatan FS itu dilakukan secara pribadi, bukan atas nama perusahaan.

“Jadi, kami mohon dapat dimengerti oleh masyarakat pedagang di Pasar Karanglewas maupun masyarakat umum. Dia (pelaku) merupakan petugas keamanan yang baru bekerja sekitar 9 bulan dengan status pekerja kontrak,” katanya.

Menurut dia, pihaknya selama ini tidak curiga terhadap FS karena yang bersangkutan bekerja sebagai petugas keamanan. “Kami serahkan kasus ini ke polisi agar diproses secara hukum,” terangnya.
Kendati demikian, dia mengatakan bahwa pihaknya telah berusaha memasang empat CCTV dari delapan titik yang direncanakan. Karena selama ini ada beberapa pedagang yang mengeluhkan adanya pencurian.

Kapolsek Purwokerto Barat AKP Haryanto mengatakan, bahwa pihaknya akan menyelidiki lebih lanjut kasus pencurian tersebut.

Sementara itu,  dalam keterangan tertulisnya, Direktur Perusahan Daerah Pasar Satria Kabupaten Banyumas Soelarso menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Banyumas, khususnya pedagang di Pasar Karanglewas.

Menurut dia, pelaku pencuri merupakan “pegawai kontrak” yang saat ini masih dalam tahap percobaan atau bukan pegawai tetap dengan pertimbangan latar belakang yang bersangkutan memiliki pengalaman kerja sebagai tenaga keamanan.

“Untuk meningkatkan keamanan di PD Pasar Satria, kami telah memasang beberapa CCTV. Atas tindakan yang dilakukan oknum tersebut, pengurus PD Pasar Satria langsung menghentikan kontrak kerjanya. Selanjutnya, kami akan terus meningkatkan pelayanan di pasar dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Antara

#banyumaspasar karanglewaspencuri
Comments (0)
Add Comment