Larung Kepala Kerbau, Lomban Kupatan Tayu Dibuka Wakil Bupati Pati

MURIANEWS.com, Pati- Lomban Kupatan di Desa Sambiroto Kecamatan Tayu, Pati, dibuka Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Kamis (13/6/2019). Wabup mengawali tradisi dengan menabur beras kuning di jalur arak-arakan.

Dalam sambutannya, wabup yang akrab disapa Safin itu mengatakan, Lomban merupakan tradisi untuk mensyukuri nikmat yang sudah diberikan oleh Tuhan.

“Mari kita sambut Lomban ini dengan penuh suka cita. Ini merupakan tradisi yang sangat bagus dan patut untuk dilestarikan,” katanya.

Menurut dia, potensi laut yang selama ini sudah dimanfaatkan oleh warga Desa Sambiroto, tentunya harus selalu disyukuri. Setidaknya dari potensi tersebut, perekonomian warga setempat mampu berkembang dengan baik.

“Potenai ekonomi di wilayah laut memang sangat bagus. Maka sudah sepatutnya apabila warga Desa Sambiroto ini mengadakan Lomban,” ungkapnya.

Ia juga meminta kepada warga setempat agar potensi yang ada bisa lebih dimaksimalkan. Mengingat, sebagian besar warga Sambiroto memang banyak yang menjadi nelayan.

Dalam Lomban tersebut, warga Sambiroto mengarak kepala kerbau untuk nantinya dilarung di muara Sungai Tayu. Ada juga karnaval yang menghadirkan beberapa kelompok drum band.

Baca: Ini Filosofi dan Mitos Larung Sesaji di Sungai Tayu Pati

Tepat di depan kepala kerbau, ada barongan yang berjalan mengawal kepala tersebut. Perjalanan dimulai dari Kantor Balai Desa Sambiroto hingga ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sambiroto.

Sesampainya di TPI, kepala kerbau kemudian diangkat dan dilarung di tengah laut, diikuti dengan puluhan warga yang juga turut mengawal.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

lomban kupatanpatitayu
Comments (0)
Add Comment