Meski Dibuka untuk Umum, Jembatan Tanggulangin Ternyata Masih Bersifat Fungsional

MURIANEWS.com, Kudus – Jembatan Kolonel Sunandar Tiga atau Jembatan Tanggulangin secara resmi telah dibuka untuk kendaraan umum. Peresmian dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (20/5/2019) sore.

Kendati demikian, jembatan sepanjang 170 meter tersebut masih bersifat fungsional. Mengingat masih ada beberapa pengerjaan infrastruktur pendukung. Baik di atas jembatan, maupun di bawah jembatan.

“Masih ada pengerjaan yang harus dirampungkan,” kata Tedy Rahman, humas PT Duta Mas Indah selaku kontraktor pembangun jembatan.

Pengerjaan sendiri meliputu pemasangan sisi pembatas pada jembatan. Pemasangan infrastruktur lain juga terus dikebut. Seperti lampu jembatan serta marka jalan. Dengan tujuan pengendara bisa aman dan nyaman saat mengemudikan kendaraan di atas jembatan.

“Kami persiapkan semuanya,” lanjutnya.

Para pekerja juga diminta hati-hati dalam melanjutkan proyek. Apalagi intensitas kendaraan semakin banyak dari pagi menjelang sore. Pengendara juga dihimbau untuk menurunkan kecepatan saat berada di atas jembatan.

“Kewaspadaan kami minta ada di stiap pengendara dan pekerja,” lanjutnya.

Terkait waktu, para pekerja dimungkinkan rampung pada H-10 lebaran nanti. Tepatnya 3 hari ke depan yakni pada Jumat 24 Mei 2019. Hal itu dilakukan berdasarkan aturan dari kementrian terkait pemberhentian segala jenis pembangunan jalan pada H-10 lebaran.

“Kita terus kebut,” lanjutnya.

Sebelumnya, dua uji tes telah dilaksanakan pada inti jembatan berpanjang 170 meter tersebut. Dua uji tes tersebut adalah Uji Statis dan Uji Dinamis.

Uji Dinamis diimplementasikan dengan cara truk bertotal berat 16 ton di-jumping pada satu tumpu di tengah jembatan. Sedang uji statis diimplementasikan dengan cara menaruh beban kendaraan seberat 350 ton pada titik tengah jembatan.

Hasil dari loading test Sabtu (18/5/2019) kemarin menyimpulkan jika jembatan pengganti Tanggulangin Dua tersebut sudah layak dan telah siap untuk dilewati berbagai jenis kendaraan.

Hingga pagi tadi, berbagai jenis kendaraan telah lalu lalang di atas jembatan yang memiliki panjang total 950 meter tersebut. Kemungkinan jembatan ditutup kembali sangat minim. Jika ada pengerjaan, hanya akan dipusatkan pada bawah jembatan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

kudusTanggulangin
Comments (0)
Add Comment