Pemdes Kalirejo Kebut Pembangunan Jembatan JUT Penghubung Antardukuh

MURIANEWS.com, Kudus – Pemerintah Desa Kalirejo terus berupaya merampungkan pembangunan jembatan penghubung antara Dukuh Ngemplak Lor RT 1 ke Dukuh Ngemplak Kidul RT 2, Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan. Selain berfungsi sebagai jembatan pnghubung, jembatan sepanjang 30 meter dengan lebar 4 meter itu merupakan jalan usaha tani (JUT).

Sebelumnya, para petani mengalami kendala dalam melakukan distribusi kebutuhan tanam dan pengangkutan hasil pertanian karena kurangnya infrastruktur.

Sekertaris Desa Kalirejo Faiq Maulana mengatakan jika pembangunan hingga saat ini telah mencapai 75 persen. Jembatan baru tersebut akan menggantikan jembatan lama yang hanya berlebar 80 cm dan sering hanyut terbawa banjir.

“Kami upayakan segera selesai,” lanjutnya.

Pengerjaan yang dimulai pada 29 April 2019 lalu tersebut rencananya akan menghabiskan dana senilai Rp 800 juta. Pembiayaan jembatan akan diambilkan dari Pendapatan Asli Desa. Pengerjaannya digarap langsung Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Kalirejo. Sehingga biaya bisa ditekan hingga Rp 250 juta saja.

“Sedang dari APBDes, kami ajukan sebesar Rp 75 juta,” lanjut Faiq.

Dana dari APBDes rencananya digunakan untuk membangun jalan pendukung di sebelah kanan dan kiri jalan. Panjang jalan pendukung sendiri berkisar antara 180 meter. “Kami juga akan siapkan jalan pendukungnya,” lanjutnya.

Nantinya, dengan adanya jembatan baru Faiq berharap para petani bisa mendapatkan kemudahan akses dalam mendistribusikan kebutuhan tanam seperti bibit dan pupuk.  Pengangkutan hasil pertian juga diharapkan bisa lebih mudah.

“Kalau melihat JUT yang sekarang kondisinya kurang memungkinkan,” tandasnya.

Sementara Camat Undaan, Rifai Nawawi mengapresiasi pihak Desa Kalirejo yang telah mampu melaksanakan pembangunan secara swadaya masyrakat. Penekanan anggaran karena proyek digarap sendiri juga diacungi jempol oleh pihaknya.

“Semoga bisa terlaksana dengan lancar,” ucapnya.

Rifa’i menambahkan. Jembatan tersebut memang menjadi sarana penting. Karena sebagian besar hasil pertanian Desa Kalirejo berada di kawasan Blok Cangkringrejo. Sedang total lahan pertanian desa seluas 295 hektare.

“Selain tanaman padi dan palawija, desa itu juga menjadi pengasil tanaman buah semangka dan melon,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

jembatanKalirejoKududUndaan