Lolos Tes Fisik, 1.769 Calon Bintara Polri Diuji Akademik Pakai CAT

MURIANEWS.com, Semarang – Sebanyak 1.769 calon anggota Polri dari wilayah Jawa Tengah, Senin (13/5/2019) mengikuti uji akademik. Mereka merupakan pendaftar yang mengikuti seleksi untuk Bintara Polri Tugas Umum.

Sebelumnya mereka telah dinyatakan lolos dalam uji kesamaptaan jasmani yang digelar di kompleks Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, beberapa waktu lalu. Hari ini tahapan seleksi memasuki uji akademik.

Uji ini akan digelar selama dua hari hingga Selasa (14/5/2019) besok. Calon Polri ini mengikuti ujian akademik dengan sitem Computer Assisted Tes (Cat). Uji akademik ini digelar di 10 SMA dan SMK di Kota Semarang.

Ketua Tim uji akademik seleksi terpadu calon anggota Polri Polda Jateng Kombes Pol A B. Kawedar menyatakan, uji akademik ini diharapkan akan mendapatkan calon anggota Polri yang berkualitas.

“Para peserta seleksi akan mengikuti uji akademik ini selama 2 hari. Kami berharap para peserta dapat mengikuti tes ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Kepala Biro SDM Polda Jateng Kombes Pol Agoes Soejadi Soepraptono, sebagai Ketua Pelaksana seleksi terpadu calon anggota Polri menyebut jika uji akademik ini merupakan salah satu rangkaian dalam proses seleksi penerimaan calon anggota Polri.

“Seorang anggota Polri, selain harus memiliki kemampuan fisik yang prima, juga harus ditunjang dengan kemampuan akademik yang baik. Oleh sebab itu, dengan uji akademik ini sebagai upaya Polri untuk mendapatkan calon personel yang unggul,” katannya.

Ia memastikan, proses uji akademik ini akan berlangsung secara transparan. Selain menggunakan sistem CAT, selama proses ujian juga dilakukan pengawasan baik dari internal kepolisian maupun dari eksternal.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

calon bintaracalon polriPolda Jateng
Comments (0)
Add Comment