Pasar Tambaklorok Diresmikan, Pembeli Bakal Langsung Bisa Memasak Ikan di Pasar

MURIANEWS.com, Semarang – Pasar Tambaklorok di Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Senin (25/3/2019) kemarin diresmikan. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menggagas untuk menjadikan pasar ini seperti di luar negeri.

Di mana pasar tersebut sangat bersih, dan tidak bau amis. Selain itu, di pasar itu pembeli juga bakal disiapkan tempat khusus untuk bisa memasak ikan dan menikmatinya secara langsung. Hendi mencontohkan seperti pasar ikan yang ada di Tiongkok.

“Pasar ikan di Tiongkok bersih dan tidak bau amis. Bahkan pembeli bisa memasak ikan di area pasar tersebut,” kata wali kota yang akrab disapa Hendi itu.

Dia meminta pedagang untuk merawat dan menjaga kebersihan pasar itu. Selain itu, dia juga berpesan untuk segera membentuk paguyuban Kampung Bahari Tambaklorok, agar kampung yang dicanangkan sebagai kampung wisata bahari bisa berjalan maksimal dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

”Pasar tidak hanya interaksi pedagang dan pembeli saja. Ada pengelolaan parkir. Tadi sudah ada titik temu katanya lahan parkir mau dikelola warga, boleh, tapi harus diatur rapi,” ujarnya.

Adapun menanggapi para pedagang yang belum mendapatkan lapak, dia meminta Dinas Perdagangan untuk segera membangunkan tambahan lapak agar pasar dapat segera tertata rapi.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto menyatakan, pihaknya sedang membangun lapak tambahan di belakang pasar. Dia menargetkan lapak tambahan tersebut akan selesai dalam waktu 15 hari. “Target 15 hari, tapi saya pastikan 10 hari bisa selesai,” katanya.

Terkait dengan saran tentang tempat jasa memasak ikan di Pasar Tambaklorok, Fajar berusaha untuk menata beberapa lapak yang bisa digunakan untuk membuka jasa memasak.

Sementara pengelolaan parkir, dia meminta warga untuk berkoordinasi terlebih dahulu, sehingga Dinas Perdagangan dapat merekomendasikan hal tersebut kepada Dinas Perhubungan Kota Semarang.

“Kami yang merekomendasikan ke Dishub. Sementara Dishub yang akan mengeluarkan surat izin parkir di pasar tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, Fajar juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menertibkan hunian-hunian yang berada di bawah jembatan, tidak jauh dari pintu masuk Kampung Bahari Tambaklorok. Menurutnya, hunian tersebut sangat mengganggu estetika kampung yang nantinya bakal menjadi kampung wisata.

“Pasar pasti akan ramai dikunjungi. Kami akan tertibkan hunian di bawah jembatan karena sangat kumuh. Kami akan tertibkan setelah lebaran nanti,” pungkasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

hendrar prihadipasar tambakloroksemarangtambaklorokwalikota semarang
Comments (0)
Add Comment