7 Agenda Siap Ramaikan Hari Jadi Masjid Al Aqsha Menara Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Ta’sis atau hari jadi Masjid Al Aqsha Menara Kudus akan jatuh tanggal 19 rajab. Atau dalam kalender masehi jatuh tanggal 25 Maret mendatang. Guna memperingati hal tersebut, panitia Ta’sis siap selenggarakan acara selama dua hari. Yakni 24 sampai 25 Maret 2019.

Abdul Jalil, selaku perwakilan panitia acara menjelaskan ada tiga tujuan dilaksanakannya Ta’sis Menara pada tahun ini. Yang pertama untuk menyosialisasikan prasasti dan sejarah pendirian masjid Al Aqsho menara. Yang kedua adalah untuk menggali instrumen budaya. Berupa air dan makanan. Termasuk juga unsur politik dibalik berdirinya Kudus.

“Sedangkan yang terakhir adalah menjadi refleksi untuk mempertahankan Kudus dan juga Gusjigangnya,” ujar Jalil.

Sedangkan untuk rangkaian acara, pihaknya menjelaskan akan dibagi menjadi dua hari. Untuk pembukaannya akan dilaksanakan pada 17 Rajab, atau tanggal 24 Maret.

Diantaranya, festifal makanan khas Kudus, terbangan kolosal, Jagong Gusjigang, Khataman Al-Qur’an 19 kali. Lalu ada Parade Sholawat Hadroh, dan puncaknya adalah Pasamuan Ta’sis Masjid Al Aqsha Menara Kudus. Yang dihadiri oleh KH Ahmad Mustofa Bisri, dan penyair Sosiawan Leak.

“Sedikit bocoran, ada kirab menarik yang harus ditonton, sedangkan acara lainnya tak kalah bermanfaat,” jelasnya.

Sementara Ketua YM3SK M Nadjib Hasan menambahkan, jika Ta’sis ini merupakan salah satu langkah yang diambil pihaknya untuk uri-uri budaya.

“Kita punya budaya yang harus dilestarikan,” terangnya.

Pengumpulan 50 mata air juga akan dilaksanakan pada Ta’sis kali ini. Dimana nantinya akan dicampur dan dibagikan ke masyarakat.

“Kita juga akan membagikan gentong di tiap mata air tersebut,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Agendakudusmenara kudusmuria newsYM3SK
Comments (0)
Add Comment