Biar Bantuan Warga Miskin Tepat Sasaran, Gus Yasin Dorong Pemda Gunakan SLRT

MuriaNewsCom, Pati – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin melakukan sosialisasi Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di ruang Penjawi Pendapa Kabupaten Pati, Kamis (14/3/2019). Sistem ini diyakini mampu meminimalisir ketidakakuratan pendataan warga miskin, sehingga bantuan bisa tepat sasaran.

Turut hadi dalam kegiatan itu Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Wakil Bupati Kudus Hartopo serta perwakilan di eks-Karesidenan Pati dan eks-Karesidenan Semarang.

Gus Yasin sapaan akrabnya mengatakan sistem ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah. Saat ini baru beberapa kota/kabupaten yang baru menerapkan SLRT. Seperti di  Kabupaten Demak, Kendal, Semarang, Sukoharjo, Sragen, Surakarta, Pekalongan dan Kota Semarang.

“SLRT ini mendata warga miskin tepat sasaran. Mendapat layanan  secara menyeluruh juga bisa mendukung masyarakat miskin untuk menjadi data ke pemerintah pusat menjadi rujukan,” jelasnya saat memberikan sambutan, Kamis (14/3/2019).

Ia mengatakan, sistem ini sangat dibutuhkan. Selama ini data bantuan tak jarang membuat masalah. Karena data warga miskin yang belum tepat.

“Bantuan ini kadang bikin masalah. Kadang ada warga dibantu, akhirnya enggak mau ngambil. Apalagi besaran bantuan lumayan besar. belum lagi bantuan lagi nontunai. Padahal masyarakat yang di bawah masih ada yang membutuhkan,” jelasnya.

Maka dari itu, sistem ini sangat penting untuk diterapkan. Tak hanya bantuan sosial saja. Melainkan juga ada bisnis ke bisnis. Masyarakat diajak untuk melek dengan pemberdayaan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mengentas kemiskinan.

“Kami harapkan nanti sistem ini juga diterapkan di eks-Karesidenan Pati dan Semarang. Sehingga data bantuan warga miskin tepat sasaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Nur Hadi Amiyanto mengatakan, saat ini baru 8 kota/kabupaten yang menerapkan SLRT. Ia berharap sistem ini dapat menjadi akurasi data warga miskin.

“Kami harapannya bisa berkoordinasi dengan OPD terkait untuk penanganan kemiskinan. Melalui sistem ini menjadi akurasi data, dan benar-benar dapat dipertanggung jawabkan. Serta updating data warga miskin,” imbuhnya.

 

Editor: Ali Muntoha

bantuan miskingus yasinPemprov Jatengslrttaj yasin
Comments (0)
Add Comment