75 Pelajar dari Keluarga Kurang Mampu di Blora Terima Beasiswa Baznas

MuriaNewsCom, BloraSebanyak 75 pelajar dari keluarga kurang mampu menerima beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Arief Rohman di pendopo rumah dinas bupati, Kamis (19/4/2018).

Sejumlah pejabat ikut hadir dalam acara itu. Antara lain, kepala Kantor Kementerian Agama Nuril Anwar, Ketua Baznas Ali Muchdlor, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Supriyono, Kepala Bagian Humas dan Protokol Hariyanto serta perwakilan dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), dan Dinas Pendidikan (Disdik).

Ketua Baznas Blora Ali Muchdlor menyatakan, pada bulan ini bantuan yang disalurkan berupa beasiswa untuk 75 siswa/siswi kurang mampu. Pelajar ini berasal dari 9 Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-eks Kawedanan Blora Kota.

“Total bantuan beasiswa senilai Rp 18.750.000. Masing-masing siswa menerima Rp 250 ribu,” jelasnya.

Selain itu, Baznas juga menyalurkan bantuan untuk pembangunan Masjid Al Amin Desa Temengeng, Kecamatan Sambong senilai Rp 25 juta. Dana ini merupakan zakat dari potongan gaji bulanan seluruh pegawai di Kabupaten Blora.

Sebelumnya, lanjut Ali, Baznas juga telah menyalurkan berbagai bantuan. Antara lain, bantuan untuk bedah rumah di Desa Plosorejo, Kecamatan Banjarejo dan korban banjir di Desa Kedungwaru, Kecamatan Kunduran. Kemudian, ada bantuan jambanisasi di Desa Bacem, Kecamatan Banjarejo, serta Desa Jepangrejo dan Desa Tempurejo Kecamatan Blora Kota.

“Setiap bulan kami akan melakukan penyaluran bantuan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan,” pungkasnya.

Wakil Bupati Blora Arief Rohman mengucapkan terimakasih kepada Baznas yang telah menyalurkan dana bantuan untuk siswa yang kurang mampu maupun pembangunan masjid.

“Mewakili Pak Bupati, kami ucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Baznas untuk adik-adik kita yang kurang mampu. Semoga bermanfaat untuk membantu fasilitas pendidikan mereka sehingga kelak bisa melahirkan prestasi yang membanggakan,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini angka kemiskinan di Kabupaten Blora masih sekitar 13 persen. Sehingga perlu adanya upaya upaya strategis yang harus dilakukan bersama untuk menguranginya. Salah satunya seperti kegiatan yang telah dilakukan Baznas Kabupaten Blora.

Editor: Supriyadi

BaznasBeasiswablora