Jateng Wow, Cara Pemprov Atasi Paceklik Wisatawan di Awal Tahun

MuriaNewsCom, Semarang – Awal tahun menjadi masa-masa paceklik wisatawan di Jateng. Tingkat kunjungan wisata ke provinsi ini akan mengalami penurunan drastis, setelah masa libur akhir tahun usai.

Untuk mengatasi hal ini, Pemprov Jateng meluncurkan program ’Jateng Wow 2018’. Program ini menggandeng 148 pelaku wisata. Mulai dari destinasi wisata, hotel, restoran, biro perjalanan dan perusahaan transportasi.

Dengan program ini akan digelar berbagai amcam even yang mampu menarik wisatawan. Termasuk paket-paket wisata dengan harga miring, , potongan harga untuk hotel dan biaya masuk objek wisata.

Program Jateng Wow 2018 diluncurkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Selasa (30/1/2018) malam di Wisma Perdamaian, Semarang. Program ini berlangsung mulai 1 Februari hingga 31 Maret 2018.

Ganjar mengakui, awal tahun merupakan low season, di mana kunjungan wisatawan mengalami penurunan setelah ramai di akhir tahun sebelumnya. Untuk itu dia berharap Jateng Wow bisa menjadi daya ungkit pariwisata Jawa Tengah.

Ganjar meminta para pegiat pariwisata ikut menyemarakan program Jateng Wow dengan membuat berbagai even yang dapat mendatangkan pengunjung. Khususnya bagi pelaku hotel dan destinasi wisata.

“Saya usul, bisa tidak antarhotel membuat even bersama, atau giliran minimal setiap weekend. Terbayangkan kalau setiap weekend akan ada show apapun di salah satu hotel atau di salah satu destinasi wisata dengan diskon yang diberikan,” ujarnya.

Ganjar juga meminta kepada para pegiat pariwisata untuk terus memublikasikan program Jateng Wow setiap harinya melalui media-media sosial. Tidak hanya memviralkan, mereka diminta menceritakan tempat-tempat destinasi wisata, kuliner-kuliner khas dan juga even-even yang diselenggarakan agar dapat diketahui oleh masyarakat luas.

“Seluruh pegiat pariwisata tiap hari harus memublikasikan even, kegiatan, dan diskon yang diberikan. Kalau perlu buat lomba kecil-kecilan yang menceritakan destinasi wisata, kuliner menarik baik berupa tulisan, gambar, maupun video, agar kita bisa mewujudkan Jateng benar-benar wow, wow, dan wow,” serunya.

Kepala Disporapar Jateng Urip Sihabuddin. menambahkan selama berlangsungnya program Jateng Wow, pihaknya menargetkan kenaikan kunjungan wisata sebesar 20 persen pada Februari-Maret 2018.

“Dari tahun ke tahun jumlah wisatawan pada Februari-Maret selalu lebih rendah dibandingkan bulan-bulan yang lainnya. Sehingga dengan adanya Jateng Wow ini kita targetkan kenaikan 20 persen,” ungkapnya.

Editor : Ali Muntoha

diskon hoteldiskon wisatajateng wow 2018wisata jateng
Comments (0)
Add Comment