Di Depan Para Duta Besar, Wagub : Kerja Sama dengan Jateng Menguntungkan

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko saat memberi sambutan dalam gala dinner dengan para duta besar Negara sahabat. (Jatengprov.go.id)

MuriaNewsCom, Surakarta – Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, memamerkan berbagai macam potensi yang ada di provinsi ini kepada para duta besar negara sahabat. Bahkan ia menyatakan, para negara lain diundang untuk bekerja sama untuk pembangunan Jateng, karena menguntungkan.

Ini dikatakan Heru saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam gala dinner dengan para duta besar negara sahabat di Hotel Alila, Surakarta, Selasa (7/11/2017) malam.

Pertemuan itu juga dihadiri Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, serta sejumlah pejabat di lingkungan Setda Provinsi Jateng dan Kota Surakarta. Heru menyebut dengan berbagai macam potensi yang ada di Jateng kerja sama yang dilakukan benar-benar akan menguntungkan dua belah pihak.

“Jateng akan menyambut baik kemitraaan dalam berbagai bidang pembangunan untuk kemaslahatan masyarakat lokal bahkan global. Sekaligus membangun dan melestarikan lingkungan alam, budaya dan peradaban,” bebernya.

Dalam hal peluang investasi, lanjut Heru, pemprov memberikan kemudahan dalam perizinan usaha dan investasi secara proporsional dan profesional. Seperti pegembangan one stop service agar pelayanan itu cepat, mudah serta bebas pungutan liar.

Selain itu, sumber daya manusia Jateng juga dikenal mempunyai etos kerja tinggi, ulet, rajin, dan tidak mudah mengeluh. Tidak kalah penting adalah potensi sumber daya alam Jawa Tengah yang melimpah.

“Kami menantikan kunjungan bapak ibu semua di lain kesempatan dalam suasana yang makin akrab dan membahagaikan,” harapnya.

Melalui kunjungan tersebut, kata Wagub, mereka akan merasakan beragamnya potensi wisata dan produk unggulan yang tersebar di seluruh pelosok Jateng. Baik wisata alam, sejarah, budaya, religi, kuliner, dan sebagainya.

Begitu pula produk unggulan, bermacam produk kerajinan tangan, batik dengan ragam motifnya, makanan dan minuman herbal, pakaian, tenun yang eksotis, hingga furniture yang artistik.

Ia mencontohkan, tari panah dan rampak cakil khas Jateng yang tampil memukau pada pembukaan acara tersebut, merupakan bagian dari wajah Jawa Tengah, seni budaya serta kearifan lokal. Selain itu, berbagai produk unggulan Jateng dengan keunikannya semakin menarik seandainya para duta besar berkenan berkunjung ke sentra-sentra UMKM, pusat seni budaya, dan obyek wisata.

“Kami berharap, selama berada di Surakarta, bapak ibu semua merasa nyaman dengan suasana kehidupan masyarakat, serta memperoleh hal-hal baru yang menyenangkan dan mengesankan,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

dutas besarpotensi jatengWagub Jatengwisata jateng