Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jakarta

Beredar Video Mario Dandy Pakai Kabel Ties Borgol Tangan Sendiri, Ini Kata Polisi

mario dandy
Tangkapan layar Mario Dandy memakai baju tahanan dan tangan terikat kabel ties. (Twitter @tolakbigotnkri)

Murianews, Jakarta – Sebuah video yang merekam aksi Mario Dandy Satrio memakai kabel ties untuk memborgol tangan sendiri beredar di media sosial. Sosok yang disebut sebagai Mario itu terlihat memakai kabel ties saat mengetahui ada kamera yang merekamnya.

Video itu diunggah akun Twitter @tolakbigotnkri Jumat (26/5) pukul 17.24 WIB. Dalam video itu, terlihat Mario Dandy Satriyo mengenakan baju berwarna hitam kemudian memakai kabel ties sendiri saat dia disorot oleh kamera.

Kemudian video tersebut juga memperlihatkan saat Mario telah mengenakan baju tahanan dan mengucapkan permohonan maaf.

Dalam unggahan itu pemilik akun juga mencantumkan caption: ”Apa-apaan ini Mario Dandy Senyum-Senyum Minta Maaf Aniaya David Ozora dan Keluarganya. Kelihatan sekali raut mukanya tidak menyesal sekali! Kita berharap Mario Dandy ini dihukum semaksimal mungkin. Jangan kasih kendor!,” tulis akun tersebut.

Polda Metro Jaya, Sabtu (27/5/2023) langsung merespon video yang beredar tersebut. Dilansir dari Antaranews.com, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut jika video itu merupakan hasil pengeditan dua rekaman dari peristiwa yang berbeda.

”Video tersebut merupakan dua peristiwa yang melalui proses pengeditan digabungkan menjadi satu frame dengan menambahkan teks dan efek latarbelakang suara sehingga menimbulkan persepsi negatif,” katanya.

Baca: Lengkap, Berkas Mario Dandy Dilimpahkan ke Kejati DKI

Ia menyebutkan jika peristiwa yang terekam dalam video itu berada di kawasan Rutan Polda Metro Jaya. Saat itu Mario Dandy berada di bawah pengawasan penyidik dan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti.

Saat itu polisi tengah melakukan proses pengurusan administrasi penyerahan tersangka dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti kepada penyidik.

Fakta yang sesungguhnya menurut Trunoyudo, usai proses penyerahan selesai, penyidik memakaian baju tahanan dan memasang kabel ties kepada tersangka sesuai standar operasional prosedur (SOP).

”Selanjutnya penyidik baru bisa membawa tersangka keluar dari rumah tahanan Polda Metro Jaya ke gedung Bid Dokkes untuk dilakukan tes kesehatan akhir sebelum dilakukan pelimpahan tahap dua ke Kejari Jakarta Selatan,” ujarnya.

Baca: LPSK Tolak Berikan Perlindungan Terharap AG, Pacar Mario Dandy yang Aniaya David

Meski demikihan Kabid Humas menyatakan berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kontrol sosial dengan sarana media.

Ruangan komen telah ditutup.