Jumat, 29 Maret 2024

Doa Melepas Keberangkatan Jemaah Haji

Dani Agus
Jumat, 19 Mei 2023 22:39:43
Foto: Ilustrasi (freepik.com)
Murianews, Kudus – Pemberangkatan perdana jemaah haji Indonesia tahun 1444 H/2023 tinggal menghitung hari. Rencananya, kloter pertama jemaah haji akan bertolak ke Tanah Suci mulai 24 Mei mendatang. Melansir dari NU Online, Jumat (19/5/2023), bagi kerabat, sahabat, dan keluarga jemaah haji dianjurkan untuk melepas calon jemaah dengan doa Rasulullah SAW berikut ini:

 زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta. Artinya: ”Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.” Doa ini dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika salah seorang sahabat Rasulullah SAW menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA berikut ini:

 وروينا في كتاب الترمذي، عن أنس رضي الله قال : جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: يارسول الله، إني أريد سفرا فزودني، فقال: "زودك الله التقوى"، قال: زدني، قال: "وغفر ذنبك"، قال: زدني، قال: "ويسر لك الخير حيثما كنت" قال الترمذي: حديث حسن

Artinya: ”Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187). Lafal yang baik ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk mendoakan jemaah haji dalam acara walimatus safar. Lafal ini juga dapat digunakan untuk mendoakan jemaah haji yang sudah berangkat. Wallahu a’lam.  

Baca Juga

Komentar