Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Benarkah Matikan Mesin Motor Pakai Standar Samping Bisa Bikin Aki Soak? Ini Jawabannya

Benarkah Matikan Mesin Motor Pakai Standar Samping Bisa Bikin Aki Soak Ini Jawabannya
Foto: Ilustrasi standar samping motor (www.astramotor.co.id)

Murianews, Kudus – Kontak atau kunci motor adalah benda penting yang biasanya digunakan untuk menyalakan dan mematikan kendaraan. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini terdapat fitur pada sepeda motor yang menunjang keselamatan.

Salah satunya adalah keberadaan standar samping yang memungkinkan sepeda motor tidak bisa dinyalakan. Fitur side stand off atau fitur mesin berfungsi jika standar samping dalam posisi turun.

Saat ini, fitur ini banyak terdapat pada motor matik. Namun, dengan adanya fitur tersebut, malah menyebabkan banyak pengendara yang menggunakannya untuk mematikan motor tanpa harus melalui kunci kontak telebih dahulu.

Baca juga: Ketahui, Ini Tips Aman Menggunakan Charger Handphone di Sepeda Motor

Banyak yang mengatakan, jika kebiasaan ini bisa berdampak pada performa aki. Di mana, dalam jangka panjang bisa bikin aki motor soak. Benarkah demikian?

Isnanto dari bengkel CMS di bilangan Ciledug Raya mengatakan, hal tersebut biasanya akan berpengaruh jika ditinggalkan dalam waktu lama.

”Kalau untuk mematikan saja sih tidak bikin aki soak. Namun kalau ditinggal lama, pasti berpengaruh ke aki,” katanya, dilansir dari Federaloil, Senin (20/3/2023).

Dengan melakukan hal tersebut, biasanya kelistrikan motor tetap dalam posisi menyala dan jika dibiarkan dalam waktu lama bisa merusak aki hingga soak.

Pasalnya, dengan posisi kelistrikan yang masih menyala tersebut, jika motor ditinggal dalam waktu lama tentunya kondisi lampu dan segala macam kelistrikan masih berpengaruh ke bagian aki sehingga daya dari aki tetap keluar namun pengisian dari kiprok tidak ada karena motor dalam posisi diam.

”Kalau matikan mesin pakai kunci kontak saja, baru standar samping. Biar aman juga,” pungkasnya.

 

Ruangan komen telah ditutup.