Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Resmikan Grha Bung Karno Klaten, Puan: Klaten Hebat ya

Ketua DPR, Puan Maharani, meresmikan gedung pertemuan Grha Bung Karno Klaten, Sabtu (18/3/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Murianews, Klaten – Ketua DPR Puan Maharani meresmikan Grha Bung Karno Klaten, Sabtu (18/3/2023) siang. Ketua DPP PDIP itu mengakui bangunan yang menelan biaya sekitar Rp 95 miliar tersebut sangat megah.

”Hebat ya, Klaten punya gedung seperti ini, megah. Sepertinya ini salah satu atau mungkin satu-satunya gedung pertemuan terbesar di Soloraya. Selama saya muter-muter di Jawa Tengah sepertinya ini yang paling besar,” katanya seperti dilansir Solopos.com

Puan juga merasa bangga gedung pertemuan itu diberi nama tokoh proklamator yang juga Presiden Pertama Indonesia sekaligus kakeknya, Soekarno (Bung Karno).

Baca: Puan Maharani Dapat Anugrah Doktor Honoris Causa dari PKNU Korsel

”Ini satu kebanggaan bagi saya. Di depan ada patungnya Bung Karno. Saya minta ini bisa dijaga baik-baik. Bukan hanya sebagai gedung pertemuan tetapi ada nama besar yang kemudian menjadi tanggung jawab bersama,” terangnya.

Semasa hidup, Bung Karno memiliki visi yang revolusioner. Monas, Stadion Gelora Bung Karno, serta Gedung DPR di Jakarta merupakan pemikiran-pemikiran visi Bung Karno yang seorang arsitek untuk membangun Jakarta kala itu.

”Di Klaten Grha Bung Karno dilengkapi dengan fasilitas yang luar biasa. Ada masjid, nanti dibangun Pendapa, ada ruang katering, dan dipikirkan juga ada kamar. Saya pesan gedung ini bisa dinikmati semuanya, masyarakat dari kalangan bawah hingga atas. Jangan dibedakan,” ungkapnya.

Puan menambahkan, dari keterangan yang diperolehnya sudah ada 10 orang yang mau menggunakan gedung tersebut. Dia berharap setelah diresmikan lebih banyak lagi yang mendaftar.

”Gedung pertemuan itu tak mungkin bisa terbangun tanpa gotong-royong semua pihak. Karena itu, silahkan dipakai,” imbuhnya

Baca: Survei SMRC: PDIP Berpeluang Kalah Jika Usung Puan Maharani Sebagai Capres

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani, menjelaskan pembangunan gedung tersebut membutuhkan waktu cukup panjang dirintis pada 2018 hingga 2023.

”Yang mendorong kami bahwa Pemkab belum memiliki gedung pertemuan yang representatif, maka kami bangun Grha ini. Selain itu, Grha Bung Karno juga dapat menjadi ikon baru Kabupaten Klaten sekaligus memberikan tambahan pendapatan asli daerah,” jelas Mulyani.

Mulyani memaparkan total luas lahan kawasan gedung pertemuan itu 34.000 meter persegi. Sementara, total luas gedung pertemuan utama 4.516 meter persegi. Kapasitas gedung utama bisa menampung 2.400 orang.

“Grha Bung Karno dilengkapi fasilitas parkir, masjid, genset, serta instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Gedung pertemuan itu juga dilengkapi dengan wisma yang terdapat 10 kamar,” terangnya.

Ruangan komen telah ditutup.