Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 15 Maret, Ini Daftarnya

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 15 Maret Ini Daftarnya

Foto: Lambang Liverpool FC (wikipedia.org)

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 15 Maret dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah berdirinya klub sepak bola Liverpool FC di tahun 1892. Liverpool Football Club yang dikenal pula sebagai Liverpool atau The Reds adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Inggris yang berbasis di Liverpool.

Didirikan pada tahun 1892, Liverpool kemudian bergabung dengan Football League di tahun berikutnya dan sejak pembentukannya memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Anfield yang terletak sekitar 4,8 km dari pusat kota.

Baca juga: Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 14 Maret, Ini Daftarnya

Pada kompetisi domestik, Liverpool telah memenangkan 19 Gelar Liga, 8 Piala FA, rekor 9 Piala Liga dan 16 Community Shield FA. Pada kompetisi internasional, Liverpool telah memenangkan 6 Piala Eropa, 3 Piala UEFA, 4 Piala Super UEFA—rekor terbanyak di Inggris—dan 1 Piala Dunia Antarklub FIFA.

Liverpool memantapkan dirinya sebagai salah satu klub besar di tingkat domestik serta Eropa pada era 1970an dan 1980an, ketika Bill Shankly, Bob Paisley, Joe Fagan, dan Kenny Dalglish, memimpin klub untuk meraih 11 gelar Liga dan 4 Piala Eropa.

Liverpool kemudian memenangkan kembali 2 Piala Eropa pada tahun 2005 dan 2019 di bawah pelatih Rafael Benitez dan Jürgen Klopp; Klopp kemudian memimpin Liverpool untuk meraih Gelar Liga ke-19 di tahun 2020, yang merupakan gelar liga pertama Liverpool di era Liga Utama Inggris.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 15 Maret, seperti dilansir dari Wikipedia:

44 SM

Julius Caesar dari Republik Romawi terbunuh oleh Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi.

221

Liu Bei, panglima perang Cina dan anggota Dinasti Han, memproklamirkan dirinya sebagai Kaisar Shu Han dan mengklaim dirinya sebagai pewaris sah Dinasti Han.

280

Sun Hao dari Wu Timur menyerah kepada Sima Yan yang mengawali Dinasi Jin.

1493

Christopher Columbus kembali ke Spanyol setelah perjalanan pertamanya ke benua Amerika.

1564

Kaisar Mughal Akbar menghapuskan jizya (pajak per kapita).

1781

Perang Kemerdekaan Amerika: Pertempuran Guilford Court House – Di dekat Greensboro, Carolina Utara, 1.900 tentara Inggris dipimpin Jenderal Charles Cornwallis mengalahkan 4.400 tentara Amerika .

1819

Fisikawan Prancis Augustin-Jean Fresnel memenangkan kontes di Academie des Sciences di Paris dengan membuktikan bahwa cahaya berperilaku seperti gelombang. Integral Fresnel masih digunakan untuk menghitung pola gelombang, skeptis diam yang mendukung teori Isaac Newton.

1875

Uskup Agung New York John McCloskey diangkat sebagai kardinal pertama di Amerika Serikat.

1877

Pertandingan uji coba kriket pertama secara resmi dimainkan antara Australia vs Inggris di Mcg Stadium, Melbourne, Australia.

1888

Perang Inggris-Tibet pecah.

1892

Liverpool F.C. berdiri.

1906

Charles Rolls dan Henry Royce mendirikan perusahaan Rolls-Royce.

1983

Hari Raya Nyepi 1905 menjadi hari libur nasional untuk yang pertama kalinya.

1990

Mikhail Gorbachev dilantik sebagai presiden eksekutif pertama Uni Soviet.

1991

Perjanjian Penyelesaian Akhir dengan Masalah Jerman (Treaty on the Final Settlement with Respect to Germany) mulai berlaku, memberikan kedaulatan penuh kepada Republik Federal Jerman.

1993

Hari lahirnya Paul Pogba, pemain sepak bola Prancis.

2011

Perang Saudara Suriah pecah.

Ruangan komen telah ditutup.