Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ingin Dapat Adipura Kecana, Bupati Siak Studi Tiru ke Jepara

BUpati Jepara

Pejabat Bupati Jepara, Edy Supriyanta menerima kunjungan Bupati Siak. (Murianews/istimewa)

Murianews, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara menerima kunjungan kerja Bupati Siak, Alfedri beserta jajaran Dinas Lingkungan Hidup Siak, Provinsi Riau pada Senin, (13/3/2023). Anjangsana itu dalam rangka studi tiru terkait pengelolaan sampah, sekaligus meminta kiat sukses meraih penghargaan Adipura Kencana.

Anjangsana tersebut langsung disambut baik oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, bersama para pimpinan perangkat daerah di ruang rapat R.M.P. Sosrokartono Setda. Pihaknya mengaku senang mendapatkan kunjungan dari rombongan Bupati Siak. Pihaknya pun senantiasa terbuka menerima lawatan dari berbagai daerah.

Meski Jepara termasuk kabupaten kecil, Edy menyampaikan, bahwa daerah ini memiliki banyak daya tarik wisata unggulan. Potensi itu pun turut diperkuat adanya produk-produk khas yang telah masuk pasar global.

Terkait penghargaan Adipura kategori Kecana, Edy Supriyanta menceritakan, jika aspek kebersihan menjadi fokus pertama yang ia kerjakan usai dilantik. Berbagai gebrakan pun dimunculkan dengan melibatkan seluruh elemen, mulai dari jajaran pemerintahan di semua tingkatan, masyarakat, serta badan-badan usaha.

“Pertama kali saya menjabat di sini, pertama yang saya genjot adalah mendapat piala Adipura Kecana,” ujarnya.

Keterlibatan dan partisipasi tersebut berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan. Kendati saat itu ada keterbatasan kemampuan anggaran, serta minimnya petugas di lapangan.

“Seluruh perangkat daerah termasuk camat, lurah dan petinggi saya minta nyengkuyung bersama-sama menciptakan kebersihan wilayah,” kata Edy Supriyanta.

BACA JUGA: Jepara Satu-satunya Daerah di Jateng Raih Adipura Kencana

Sementara upaya pengurangan sampah, lanjut dia, perlu benar-benar sudah dikelola sejak dari hulu. Caranya antara lain ada inovasi desa mandiri sampah, bank sampah, dan program jemput sampah terpilah. Sedangkan di hilir terdapat tempat pemrosesan akhir yang terkelola secara maksimal. Komitmen ini pun selaras dengan dokumen kebijakan strategis daerah untuk pengelolaan sampah.

Sebelumnya, Bupati Siak Alfedri menyampaikan, kunjungan kerja ini dalam rangka belajar tentang pengelolaan sampah. Ia ingin mengadopsi formula yang diterapkan Jepara, sebab terbukti berhasil menciptakan lingkungan bersih sampai ke pelosok desa-desa.

“Makanya kami belajar ke Jepara, kiat-kiat dan strategi dalam mencapai kebersihan sampai ke pelosok kampung atau desa,” tuturnya.

Dalam penganugerahan Adipura kemarin, Kabupaten Siak mencatatkan trofi Adipura kelimanya. Ke depan harapannya dapat meraih trofi kategori Kencana. Kala itu, Jepara memperoleh piala ke-16-nya dengan predikat Kencana.

Editor: Budi Santoso

Ruangan komen telah ditutup.