Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil dengan Mudah

Ini Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil dengan Mudah

Foto: Ilustrasi membersihkan kaca mobil (Gambar oleh hartono subagio dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Kaca mobil seringkali terkena jamur seiring waktu pemakaian dan kurangnya perawatan. Munculnya jamur pada kaca mobil ini tentunya cukup mengganggu kenyamanan.

Ada beberapa penyebab yang membuat kaca mobil menjadi berjamur. Antara lain, sisa air hujan yang masih menempel di kaca mobil, pengeringan mobil setelah mencuci yang tak sempurna, hingga kualitas air yang kurang bagus.

Nah, jika kaca mobil Anda terkena jamur, jangan buru-buru dibawa ke bengkel. Berikut ini adalah panduan mengenai cara menghilangkan jamur pada kaca mobil secara mandiri.

Baca juga: Tips Mudah Merawat Jok Mobil biar Awet dan Nyaman Dipakai

Melansir dari laman Wuling, Senin (6/3/2023), ada beberapa penyebab yang menghasilkan kaca mobil menjadi berjamur.

Sisa Air Hujan yang Masih Menempel di Kaca

Setelah hujan reda, pasti akan tersisa air hujang yang masih menempel di kaca mobil. Apabila tak segera dibersihkan, maka bekas air hujan ini akan sulit untuk dibersihkan, terutama bila telah kering terkena sinar matahari. Sisa air hujan yang mengering karena sinar matahari dapat mengakibatkan kaca mobil berjamur.

Pengeringan Mobil setelah Mencuci Tak Sempurna

Kaca mobil yang berjamur dapat disebabkan oleh proses pengeringan mobil yang tak sempurna setelah mencuci mobil. Secara umum, setelah proses mencuci mobil, maka pengeringan dilakukan menggunakan lap. Namun, bila proses ini tak maksimal, maka akan meninggalkan sisa air pada bagian tertentu seperti kaca mobil.

Kualitas Air Kurang Bagus

Kualitas air yang kurang bagus dapat menjadi penyebab munculnya jamur pada kaca mobil. Air yang memiliki kandungan kapur yang cukup tinggi dapat mengakibatkan jamur pada kaca mobil. Air garam atau air laut juga dapat menjadi penyebab kaca mobil jamuran.

Ciri Kaca Mobil Berjamur

Melihat tanda kaca mobil yang berjamur sangat mudah. Apabila diperhatikan dengan seksama, kaca mobil yang berjamur memperlihatkan bercak putih. Penampakan bercak putih yang mengeras ini adalah jamur pada kaca mobil. Bercak ini banyak terlihat di ujung kaca mobil. Pada bagian eksterior tersebut banyak dihinggapi karena air seringkali mengendap lama di area tersebut dan kemudian mengering. Bila dibiarkan kondisi ini akan membuat jamur kaca mobil mudah berkembang.

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil secara Mandiri

Berikut ini adalah panduan mengenai cara menghilangkan jamur pada kaca mobil secara mandiri tanpa perlu dibawa ke bengkel. Cara-cara yang dimaksud dimulai dari membersihkan kaca setelah terkena hujan, menggunakan pembersih jamur pada kaca mobil, menggunakan minuman soda, memakai pasta gigi, menggunakan pemutih pakaian, memakai alkohol, mengaplikasikan cuka apel, menggunakan air tembakau, hingga memakai baking soda.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wuling.id

Ruangan komen telah ditutup.