Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jangan Asal Makan, Ini Jenis Ikan Terbaik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Jangan Asal Makan Ini Jenis Ikan Terbaik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Foto: Ilustrasi ikan (heberhard dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Ada banyak perubahan pola hidup yang dilakukan saat perempuan hamil. Salah satunya dengan mengurangi aktifitas yang menguras tenaga dan pikiran.

Hal itu dilakukan demi kesehatan buat ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Meski terkadang cukup berat, namun perubahan pola itu perlu dilakukan.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga wajib dilakukan ibu hamil. Ada banyak bahan makanan yang baik buat ibu hamil yang bisa menunjang kesehatan serta membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat bagi Ibu Hamil Boleh Traveling? Ini Jawabannya

Nah, agar bayi tumbuh cerdas, ibu hamil perlu mendukung perkembangannya dengan makan beragam jenis makanan. Salah satunya adalah mengonsumi ikan.

Melansir dari Hellosehat, Senin (30/1/2023), selama ini, banyak mitos yang menyebut bahwa ibu hamil tidak boleh makan ikan. Padahal, makanan ini memiliki banyak manfaat untuk menunjang perkembangan janin selama kehamilan.

Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk ibu hamil. Namun, tidak semua ikan boleh dikonsumsi.

Saat hamil, Anda sebaiknya menghindari ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi. Pasalnya, paparan merkuri dapat mengganggu perkembangan sistem saraf calon bayi dalam kandungan.

Berikut beberapa jenis ikan yang bagus untuk ibu hamil, baik selama hamil muda maupun tua.

1. Lele

Lele merupakan ikan dengan banyak kandungan gizi yang bagus untuk ibu hamil. Konsumsi ikan ini memberi asupan protein, vitamin B12, fosfor, kalium, hingga vitamin D.

Selain itu, ikan lele juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Dalam 100 gram ikan lele, terkandung asam lemak omega-3 sebanyak 29,9 gram. Ikan lele juga rendah kandungan merkuri sehingga aman bagi ibu hamil. Dalam seminggu, Anda boleh mengonsumsinya dua hingga tiga kali.

2. Salmon

Salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi yang baik untuk perkembangan janin. Konsumsinya juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur dan hipertensi pada ibu hamil.

Ikan yang bagus untuk ibu hamil ini juga kaya akan kandungan protein. Asupan protein dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi sekaligus memperkuat sistem imun ibu hamil. Meski begitu, pastikan Anda mengonsumsi ikan ini dalam keadaaan benar-benar matang. Jika tidak, ibu hamil berisiko terserang infeksi bakteri Listeria monocytogenes.

3. Tuna

Tuna merupakan ikan yang kaya akan kandungan protein, vitamin, mineral, DHA, dan EPA. Kandungan tersebut mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan janin.

Beragam manfaat lain juga bisa diperoleh dari konsumsi ikan ini selama kehamilan, di antaranya:

  • mengurangi risiko keguguran,
  • mencegah kelahiran prematur,
  • mencegah depresi pascamelahirkan,
  • mengoptimalkan fungsi sistem saraf, hingga
  • mengurangi risiko komplikasi kehamilan.

Namun, konsumsinya tidak boleh berlebihan karena tuna termasuk jenis ikan yang tinggi merkuri. Food and Drugs Administration (FDA) menyebut, ikan ini hanya boleh dikonsumsi sebanyak 340 gram per minggu oleh ibu hamil.

4. Sarden

Dibandingkan tuna dan lele, sarden mempunyai kandungan merkuri yang lebih rendah. Tak hanya itu, sarden juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dari ikan laut lainnya.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan ini membantu mendukung perkembangan otak janin. Selain itu, omega-3 juga berperan untuk mendukung kesehatan jantung calon bayi. Ikan dengan kandungan merkuri rendah seperti sarden boleh dikonsumsi dua atau tiga kali dalam seminggu.

5. Ikan kembung

Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan protein. Protein tinggi dalam ikan yang bagus untuk ibu hamil ini bermanfaat untuk:

  • mencegah stunting sejak dalam kandungan,
  • menjaga kesehatan otot bayi, serta
  • mencegah kenaikan berat badan berlebih selama hamil.

Tak hanya protein, ikan ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Lemak menyehatkan ini dapat menjaga metabolisme tubuh ibu hamil dan menunjang perkembangan janin.

Kandungan kalsium pada ikan kembung juga berguna untuk mencegah tulang keropos pada ibu hamil. Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu bahwa kebutuhan kalsium pada ibu hamil sangatlah tinggi. Konsumsi ikan memang baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi jenis ikan tertentu. Nantinya, dokter akan menentukan apakah Anda boleh mengonsumsi ikan tersebut atau tidak.

Baca juga: Ini Cara Alami Memutihkan Wajah yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Hal yang harus dihindari saat mengonsumsi ikan selama hamil

Selain jumlah dan porsi, beberapa hal lain perlu diperhatikan oleh ibu hamil saat hendak makan ikan. Cara makan yang salah dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut jenis ikan yang sebaiknya dihindari ibu hamil.

  • Ikan dengan kandungan merkuri tinggi.
  • Ikan yang mentah atau belum matang sempurna.
  • Ikan yang dibekukan.
  • Ikan yang didapat dari tempat tinggi polusi.

Jika Anda mengalami masalah kesehatan setelah makan ikan, periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, penanganan bisa dilakukan sedini mungkin sebelum kondisi Anda makin parah.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Ruangan komen telah ditutup.