Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mengenal Hill Start Assist, Fitur Mobil Anti Gelondor di Tanjakan

Ilustrasi (Pixabay)

Murianews, Kudus – Mobil-mobil keluaran baru rata-rata kini dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist (HAS). Sebuah fitur yang membuat sopir nyaman karena tak khawatir mobil akan gelondor saat berhenti di tanjakan ataupun turunan.

Awalnya fitur ini disematkan pada mobil-mobil mahal, namun belakangan ini mobil kelas menengah keluaran terbaru pun sudah dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist. Sebut saja, Mitsubishi Xpander, Toyota All New Veloz, ataupun Daihatsu Terios.

Hill Start Assist bisa dikatakan sebagai jawaban kekhawatiran pengguna mobil matic. Bagi pengendara mobil matic, melewati jalanan yang memiliki kontur turunan dan tanjakan tajam menjadi momok menakutkan.

Pasalnya, pada mobil matic tidak bisa melakukan engine brake seperti mobil manual. Pada mobil manual, pengemudi cenderung akan menggunakan gigi rendah.

Ini dilakukan agar mobil bisa dengan mudah melewati jalan menanjak ataupun menurun. Selain itu, dengan menggunakan gigi rendah laju kendaraan akan sedikit tertahan. Sehingga dapat mengurangi beban rem utama.

Baca: Ini Cara Mengerem yang Aman saat Berkendara Motor dalam Kondisi Hujan

Dikutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia, HSA adalah fitur kontrol yang berupa teknologi bantuan pada sebuah mobil. Fitur ini bekerja untuk menahan mobil saat berada pada sebuah tanjakan.

Dengan kontrol HSA akan dapat membantu mencegah mobil merosot ke belakang. Caranya adalah dengan menahan posisi rem selama beberapa detik saat pengemudi melakukan perpindahan antara pedal rem dan akselerator.

Tak hanya itu, beberapa jenis HSA juga bisa mencegah mobil meluncur ke depan saat melewati turunan.

HSA memiliki fungsi dan kemampuan mendeteksi jalan menanjak. HSA menggunakan sensor untuk mendeteksi tanjakan.

Yakni menggunakan sistem komputer yang membuat rem tetap aktif walaupun pengemudi tak menginjak pedal rem.

Baca: Ini Cara Menyetir Mobil Listrik yang Aman bagi Pemula, Ingat Baik-Baik!

Kondisi ini akan membuat pengemudi bisa fokus memegang setir sambil mengatur arah dan laju mobil. Selanjutnya HSA otomatis akan berhenti saat pengemudi menginjak pedal rem atau gas kembali.

Kendati demikian yang perlu diingat, fitur HSA tidak meningkatkan traksi mobil. Fitur ini hanya melakukan pencegahan agar mobil tidak gelondor.

Cara mengaktifkan fitur ini pun cukup simpel. Yakni saat mencapai titik mobil harus berhenti, injaklah rem kemudian saat akan menanjak kembali harus lepaskan rem lalu injak pedal gas.

Ketika dalam masa peralihan lepas rem dan injak gas, mobil tidak akan mundur namun tetap berhenti selama beberapa detik.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Daihatsu

Ruangan komen telah ditutup.