Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kulit Telur Ternyata Berkhasiat Menurunkan Gejala Gangguan Lambung lho, Begini Cara Mengolahnya

Kulit Telur Ternyata Berkhasiat Menurunkan Gejala Gangguan Lambung lho Begini Cara Mengolahnya

Foto: Kulit telur (Greg Reese dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Kulit atau cangkang telur selama ini dianggap sebagai sampah. Artinya, kulit telur biasanya dibuang begitu saja setelah diambil isinya untuk dimasak.

Padahal, kulit telur ini dipercaya punya manfaat untuk kesehatan lho. Kenyataan ini barangkali belum diketahui banyak orang.

Manfaat kulit telur ini bahkan disebut-sebut tidak kalah dengan putih dan kuning telur. Benarkah demikian?

Baca juga: Ini Manfaat Masker Putih Telur untuk Kesehatan Wajah

Melansir dari Halodoc, Jumat (27/1/2023), kulit atau cangkang telur adalah bagian telur yang seringnya tidak dimanfaatkan oleh masyarakat. Padahal, kulit telur menjadi bagian dari telur yang memiliki banyak kandungan kalsium karbonat. Selain itu, kulit telur juga mengandung protein dan mineral lainnya.

Banyaknya kandungan nutrisi dalam kulit telur membuat bagian ini mulai banyak diolah masyarakat untuk mendapatkan manfaatnya. Biasanya, kamu bisa menggunakan kulit telur yang telah berbentuk bubuk untuk dicampurkan pada makanan atau minuman yang akan kamu konsumsi.

Jika digunakan secara tepat, kulit telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat kulit telur untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Menurunkan risiko osteoporosis

Osteoporosis adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat melemahnya kondisi tulang. Hal ini bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami patah tulang. Pertambahan usia bisa meningkatkan seseorang mengalami osteoporosis. Namun, kondisi ini dapat kamu cegah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsium.

Kamu bisa menggunakan bubuk kulit telur untuk menambahkan asupan kalsium setiap hari. Jika dibandingkan dengan suplemen atau vitamin kalsium lainnya, bubuk kulit telur lebih efektif dalam proses penyerapan tubuh,  daripada sumber kalsium karbonat lainnya. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung kalsium, seperti susu hingga yoghurt.

2. Meningkatkan kesehatan sendi

Pada kulit telur biasanya terdapat membran tipis. Biasanya saat kamu membuat bubuk kulit telur, membran tersebut tidak perlu kamu bersihkan atau lepaskan. Bagian membran memiliki kandungan protein yang bisa membantu produksi kolagen pada tubuh.

Membran tersebut juga mengandung sejumlah kecil kondroitin sulfat dan glukosamin. Nah, berbagai kandungan tersebut bisa membantu tubuh untuk meningkatkan kesehatan sendi, sehingga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Dengan memiliki sendi yang sehat, tentunya kamu akan mampu beraktivitas dan lebih produktif.

3. Menurunkan kandungan beracun dalam tubuh

Untuk membersihkan dan menurunkan kadar racun atau limbah pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi bubuk kulit telur yang kamu campur dengan air putih. Jangan lupa untuk mengonsumsi campuran air ini secara rutin agar bermanfaat secara optimal.

4. Menurunkan gejala gangguan lambung

Gangguan lambung dapat menyebabkan keluhan kesehatan yang tidak nyaman pada pengidapnya. Untuk membuat kondisi kesehatan menjadi lebih nyaman, mengonsumsi bubuk kulit telur menjadi pilihan tepat untuk menurunkan gejala.

Kamu bisa mengonsumsi campuran air dengan bubuk kulit telur. Mencampurkan bubuk kulit telur dengan susu almond atau kacang kedelai juga bisa kamu lakukan, agar kondisi kesehatan lambung semakin membaik.

Itulah berbagai manfaat kulit telur dan cara penggunaannya yang tepat. Pastikan kamu tidak mengonsumsi kulit telur yang masih berbentuk kasar karena dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Kulit telur juga berisiko mengandung bakteri sehingga kamu perlu memastikan bubuk kulit telur yang kamu konsumsi steril dan bersih.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.