Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Cuma Kecelakaan Ini Bahaya Berkendara Motor Melawan Arus yang Penting Diperhatikan

Tak Cuma Kecelakaan Ini Bahaya Berkendara Motor Melawan Arus yang Penting Diperhatikan

Foto: Ilustrasi pengendara lawan arus dihentikan petugas (dishub.surabaya.go.id)

Murianews, Kudus – Kasus kecelakaan di Indonesia sejauh ini masih cukup tinggi. Terutama, kecelakaan yang melibatkan sepeda motor.

Salah satu penyebabnya adalah kurang kesadaran pengendara dalam mematuhi peraturan lalu lintas. Misalnya, nekat berkendara melawan arus lalu lintas.

Hal ini lazim ditemui, terutama di kota-kota besar. Alasannya, berkendara melawan arus itu dinilai lebih praktis karena jarak tempuhnya jadi lebih dekat hingga menghindari razia.

Baca juga: Tips Aman Berkendara Motor Matik Melewati Jalan Tergenang

Padahal, tindakan ini jelas sangat berbahaya. Tidak hanya pada diri sendiri melainkan juga pada pengguna jalan lainnya.

Nah, berikut bahaya yang didapat jika Anda mengendarai motor dengan melawan arus, dilansir dari laman Suzuki, Rabu (25/1/2023).

1. Rawan Kecelakaan Lalu Lintas

Bahaya pertama dan pasti mengintai adalah rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tentunya hal ini sangat membahayakan baik bagi diri sendiri maupun orang lain sesama pengguna jalan.

Melawan arus tentunya akan beresiko terjadinya benturan sesama pengendara. Salah-salah nyawa menjadi taruhannya. Jelas melawan arus adalah sesuatu hal yang fatal.

2. Menjadi Tersangka dan Disalahkan

Selanjutnya bahaya lainnya adalah Anda yang berkendara dengan melawan arus tentunya menjadi tersangka utama dan menjadi orang satu-satunya sebagai yang disalahkan. Meski tidak menutup kemungkinan, yang menabrak misalnya bukan Anda tapi yang lain, tetap saja Anda menjadi salah karena melawan arus.

3. Terancam Pidana dan Kurungan Penjara

Nah jika sudah terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara motor yang lawan arus dan menyebabkan adanya korban jiwa, maka pengendara yang melawan arus bisa dipidanakan. Adapun pidana pasal 310 UU Lalu Lintas, juga dapat dikenai kurungan penjara paling lama enam bulan penjara.

Nah demikianlah ulasan tentang bahaya motor yang melawan arus. Sekian dan semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.