Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Cuma untuk Pajangan, Ini Empat Kegunaan Boks di Sepeda Motor

Tak Cuma untuk Pajangan Ini Empat Kegunaan Boks di Sepeda Motor

Foto: Ilustrasi motor yang dipasangi boks (otorider.com)

Murianews, Kudus – Banyak pemilik motor kini menambah boks atau pannier pada kendaraannya. Boks ini biasanya dipasang dibagian belakang atau samping.

Pemasangan boks ini biasanya dilakukan oleh pemilik motor yang punya mobilitas cukup tinggi. Adanya boks bisa digunakan untuk menyimpan banyak barang bawaan yang digunakan untuk menunjang aktivitas.

Memasang boks motor memang tidak ada salahnya. Pasalnya, banyak manfaat dengan keberadaan boks ini.

Baca juga: Ini Teknik Mengendarai Motor yang Dipasangi Boks, Waspada saat Bermanuver

Melansir dari Federaloil, Rabu (25/1/2025), bukan hanya berguna saat touring saja, namun boks ini juga bermanfaat dalam penggunaan sehari-hari.

Ini empat kegunaan boks pada sepeda motor yang bisa dipergunakan saat berkendara:

1. Tempat penyimpanan

Ini merupakan fungsi utama bagi para pengendara yang menggunakan boks di sepeda motornya, agar tidak repot dalam melakukan penyimpanan berbagai macam barang yang dibawa. Kemudahan penyimpanan inilah yang diperlukan bagi para pengendara baik didalam kota maupun saat berkendara diluar kota.

2. Sendaran bagi pembonceng

Fungsi selanjutnya adalah sebagai sendaran bagi para pengendara yang sedang melakukan perjalanan bersama, maka pembonceng akan dapat bersandar di bagian belakang boks. Dengan bersandar ke bagian belakang, maka pembonceng juga akan lebih rileks saat berkendara dan potensi kelelahan dapat diminimalisir.

3. Melindungi dari benturan

Mungkin terdengar tidak umum, namun penggunaan boks juga bisa melindungi pengendara serta pembonceng dari kecelakaan yang terjadi dari arah belakang. Ketika terjadi benturan atau tabrakan dari arah belakang, maka yang langsung terkena adalah bagian boks terlebih dahulu dan pengendara bisa sigap untuk menghadapinya.

4.Mudah dicari saat di keramaian

Dengan adanya boks, maka motor akan lebih mencolok saat berada di keramaian atau di parkiran yang penuh. Maka, menggunakan boks juga bisa menjadi salah satu keuntungan bagi para pengendaranya agar lebih mudah menemukan motornya dalam waktu singkat.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Ruangan komen telah ditutup.