Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Hanya buat Hiasan, Bunga Tulip Punya Manfaat untuk Kesehatan lho

Tak Hanya buat Hiasan Bunga Tulip Punya Manfaat untuk Kesehatan lho

Foto: Bunga tulip (Rudy and Peter Skitterians dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Banyak ragam tanaman hias yang dikenal selama ini. Salah satunya adalah bunga tulip yang asalnya dari Turki.

Bunga ini salah satu primadona tanaman hias karena penampilannya memang cantik dan baunya harum. Tak heran, banyak yang menjadikan bunga tulip untuk menghiasi taman rumah atau perkantoran.

Selain untuk tanaman hias, bunga tulip juga punya beragam manfaat buat kesehatan lho. Setidaknya dengan melihat kecantikannya, pikiran orang akan menjadi fresh.

Baca juga: Tak Cuma buat Kesehatan, Bunga Teratai juga Bermanfaat untuk Kecantikan

Di samping itu, manfaat kesehatan juga didapat dengan cara mengonsumsinya. Lho, Bagaimana caranya?

Barangkali masih banyak orang yang belum tahu cara mengonsumsi bunga tulip ini. Melansir dari Halodoc, Rabu (25/1/2023), kelopak tulip yang dikeringkan ternyata bisa diseduh menjadi teh. Saat diseduh, bunga ini akan mengeluarkan warna dan aroma yang sangat khas.

Selain diseduh, tanaman ini juga bisa diubah menjadi minyak esensial. Nah, minyak tersebut bisa kamu jadikan aromaterapi atau dibalurkan ke bagian tubuh tertentu.

Tak banyak yang tahu kalau tulip juga menyimpan segudang manfaat kesehatan. Pasalnya, tanaman ini mengandung berbagai senyawa aktif yang baik untuk tubuh.

Bunga cantik satu ini ternyata punya sifat antioksidan, anti radang, dan antibakteri yang kuat. Melalui senyawa aktif tersebut, tanaman ini menawarkan khasiat berikut ini:

1. Mengurangi stres

Aroma harum dari bunga tulip berasal dari senyawa limonene dan linalool. Kedua senyawa tersebut bisa membantu menyegarkan udara dalam ruangan. Bahkan, aroma yang khas bunga tersebut bisa memengaruhi sistem saraf sehingga kamu bisa lebih rileks. Khasiat ini dikaitkan dengan penurunan stres, cemas sampai depresi.

Untuk mendapatkan manfaat di atas, kamu bisa menggunakan minyak esensial bunga ini dengan menghirupnya langsung dari botol atau melalui diffuser. Pada umumnya, minyak tulit aman digunakan. Namun, sebaiknya jangan mengenai kulit langsung.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya senyawa limonene dan linalool bisa mengatur aktivitas saraf di bagian otak dan otot. Efek ini bisa menenangkan sekaligus membuat tubuh lebih rileks. Alhasil, kamu bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Minyak esensial bunga tulip pun sering digunakan untuk terapi gangguan tidur bagi seseorang yang mengalami insomnia atau tidur tidak nyenyak. Jika kamu punya gangguan tidur, menghirup aroma bunga ini bisa kamu coba.

3. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam bunga tulip dapat menangkal efek radikal bebas. Senyawa tersebut bisa merusak sel-sel sehat sehingga kamu lebih rentan mengalami penyakit kronis, seperti jantung.

Radikal bebas juga meningkatkan proses penuaan. Untuk mendapatkan efek ini, kamu bisa mengonsumsi teh bunga tulip.

4. Mencegah infeksi bakteri

Tak hanya mengandung antioksidan, bunga ini ternyata juga punya sifat antibakteri yang bisa menangkal penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Misalnya, seperti  diare, demam tifoid, hingga infeksi kulit. Nah, kamu bisa mengonsumsi teh bunga tulip untuk merasakan khasiatnya.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Lagi-lagi kandungan limonene dalam bunga ini punya khasiat yang luar biasa. Senyawa tersebut diklaim bersifat anti kanker. Penelitian menunjukan kalau limonene bisa menghambat pertumbuhan kanker payudara. Kendati begitu, butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan efeknya terhadap manusia.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.