Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dinas Pendidikan Kudus Dikucuri DAK Rp 25 Miliar

Kabid Dikdas Disdikpora Kudus, Anggun Nugroho, saat meninjau SD 3 Demaan beberapa waktu lalu. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) tahun 2023 dari Pemerintah Pusat senilai Rp 25 miliar.

DAK yang didapatkan ini, rencananya akan dialokasikan untuk perbaikan sekolah, hingga pengadaan barang bagi SD hingga SMP.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Disdikpora) Kudus, Anggun Nugroho mengatakan, DAK yang diterima tahun 2023 ini menurun di banding tahun 2022 lalu. Di mana tahun lalu, DAK yang didapatkan mencapai Rp 38 miliar.

”DAK tahun ini total sekitar Rp 25 miliar. Untuk SD Rp 23 miliar, dan untuk SMP Rp 2 Miliar. Tetap lebih banyak kemarin, karena kemarin bisa untuk pengadaan chromebook bagi 294 SD,” kata Anggun Nugroho, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Disdikpora) Kudus, Rabu (25/1/2023).

Ia menambahkan DAK tersebut untuk proyek rehabilitasi dan pengadaan barang fisik. Di antaranya seperti, rehabilitasi bangunan ruang kelas, toilet, hingga laboratorium.

Baca: 1.713 Guru Agama Swasta di Kudus Lolos Verifikasi Penerima Tunjangan

Kemudian ada juga pengadaan sarana prasarana sekolah, seperti fasilitas TIK, hingga media pembelajaran lain di laboratorium.

”Sebenarnya masih sama seperti tahun kemarin, ada rehab dan pengadaan alat TIK. Itu untuk 30an SD dan sekitar 5 SMP,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya sampai saat ini masih menunggu petunjuk teknis (juknis) mengenai penggunaan rinci DAK tahun 2023 ini.

”Kami masih tunggu juknis detail keperuntukkannya. Kalau tahun kemarin itu bisa terlaksana di bulan Maret, setelah juknis turun,” ungkapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.