Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jumlah TPS di Jepara Mulai Dipetakan

Jumlah TPS di Jepara Mulai Dipetakan | MURIANEWS

Komisioner KPU Kabupaten Jepara, Muhammadun. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Jepara untuk Pemilu 2024 mulai dipetakan. Saat ini, KPU Jepara merencanakan membuat TPS sebanyak 3.454 titik.

Meski begitu, jumlah tersebut masih belum final. Komisioner KPU Jepara Muhammadun mengatakan, jumlah tersebut masih dinamis, artinya bisa berkurang maupun bertambah.

’’Ini dalam masa-masa akhir pemetaan TPS. Jumlahnya pasti akan dinamis nanti,’’ kata Muhammadun, Rabu (25/1/2023).

Dijelaskan, masing-masing TPS maksimal digunakan 300 pemilih. Sementara, jumlah pemilih di Jepara menurut data KPU RI berjumlah 931.482 orang.

Data itu, nantinya dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petuugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih). Coklit dijadwalkan pada 12 Februari 2023 sampai Maret 2023.

’’Satu TPS maksimal 300 pemilih. Itu sudah ada regulasinya,’’ jelas Muhammadun.

Baca: Dana Desa Berkurang, Kades di Jepara Khawatir Tak Penuhi Janji Kampanye

Pihaknya menambahkan, KPU Kabupaten Jepara juga berencana mendirikan TPS khusus. TPS khusus ini akan didirikan di Rutan Kelas II B Jepara. Ini dilakukan mengingat narapidana tidak bisa keluar dari rutan untuk mencoblos.

Sebelumya, KPU Kabupaten Jepara telah melantik 585 Panitia Pemunguta Suara (PPS) kemarin. Mereka diberi tanggungjawab, salah satunya memastikan pemetaan TPS di desa-desa tepat.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.