Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Vaksinasi LSD untuk Sapi di Kudus Akan Fokus ke Lau dan Kaliwungu

Produk vaksin LSD. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Murianews, Kudus – Penyuntikan vaksin Lumpy Skin Disease (LSD) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah untuk ternak sapi dan kerbau akan segera dilaksanakan akhir bulan ini. Sasarannya di titik-titik rawan yakni di Desal au dan Desa Kaliwungu.

Penyakit LSD merupakan penyakit kulit infeksius yang disebabkan Lumpy Skin Disease Virus (LSDV). Penyakit ini kerap ditemukan pada sapi dan kerbau.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Kabupaten Kudus, Agus Setiawan mengatakan, saat ini pihaknya masih memiliki 200 dosis vaksin LSD.

”Sasarannya sama seperti beberapa waktu lalu saat ada indikasi hewan ternak mengarah ke LSD. Yakni di Desa Lau dan Desa Kaliwungu. Tetapi saat itu setelah kami ambil sampel, ternyata hasilnya negatif,” katanya, Rabu (25/1/2023).

Baca: 552 Sapi di Sragen Terserang LSD, 6 di Antaranya Mati

Agus menjelaskan, beberapa hari lalu pihaknya mengambil sampel lima hewan kerbau di Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kudus. Namun, hasilnya negatif LSD.

”Untuk di Desa Kaliwungu, (Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, red) itu ada sapi perah tiga ekor. Tetapi tidak kami ambil sampel. Hanya kami beri obat,” sambungnya.

Lebih lanjut, pihaknya tidak menutup kemungkinan vaksinasi LSD juga dilakukan di desa lain. Pihaknya fokus di beberapa titik rawan, acuannya terdapat banyak populasi pedagang dan tingginya tingkat persebaran.

”Pemberian vaksin itu nanti untuk hewan ternak yang sehat. Karena saat ini juga vaksinnya masih terbatas baru punya 200 dosis,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.