Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Relokasi Pedagang Sayur Bitingan Kudus ke Pasar Babe Awal Febuari

Area Pasar Babe bakal lokasi pedagang sayur Bitingan Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan relokasi pedagang sayur Pasar Bitingan ke Pasar Babe (Barang Bekas) di Desa Jati Wetan, Kecamatan Kota, Kudus, awal Febuari 2023 mendatang.

Saat ini, Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus tengah melakukan peninjauan dan sosialisasi kepada para pedagang pasar tersebut.

”Awal Febuari nanti setidaknya sudah jalan (relokasi) ke sini,” kata Plt Kepala Dinas Perdagangan Kudus Djatmitko Muhardi, Rabu (25/1/2023).

Relokasi ini, sambung dia, bisa dibilang akan berlangsung selama beberapa tahun ke depan. Pasalnya pihak dinas masih akan mengupayakan tempat yang lebih layak lagi untuk para pedagang sayur dari luar kota tersebut.

Sesuai rencana, pedagang akan ditempatkan di bagian belakang Pasar Baru Wergu Wetan Kudus. Namun lokasi tersebut perlu dilakukan pembenahan terlebih dahulu.

”Namun di tahun ini kan belum ada alokasinya, sehingga untuk beberapa tahun nanti biar di Pasar Babe ini dahulu,” sambungnya.

Baca: Pedagang Pasar Sayur Bitingan Kudus Batal Direlokasi ke Pasar Ternak

Untuk tanggapan pedagang pasar Babe sendiri, Djatmiko mengungkapkan banyak dari mereka tidak keberatan. Mengingat bisa mendongkrak kunjungan ke pasar tersebut.

”Di pasar sini nanti bisa menampung sekitar 38 pedagang sayur dengan kendaraannya yang besar,” pungkasnya.

Pedagang sayur malam Pasar Bitingan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, batal direlokasi ke pasar ternak Gulang, Mejobo, Kudus. Sejumlah alasan pun jadi pertimbangan relokasi ini.

Baca: Batal ke Pasar Ternak, Pedagang Sayur Bitingan Kudus Direlokasi ke Sini

Selain karena lokasinya yang dikeluhkan pedagang terlalu jauh, alasan higienitas lokasi jadi pertimbangan utama.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.