Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Berharap Janji Menteri Basuki soal Banjir Segera Direalisasikan

Menteri Basuki saat mengecek Banjir di Jati Wetan Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo berharap janji Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk memecah masalah banjir tahunan di Kudus, Jawa Tengah segera terealisasikan.

Jani tersebut yakni normalisasi Sungai Wulan dan upgrade pompa banjir Tanggulangin. Pasalnya, dua langkah ini dianggap menjadi cara yang paling efektif untuk menanggulangi banjir tahunan di Kudus.

”Ya harapannya harus terelaisasi. Ini karena di daerah atas gundul, sehingga kerap terjadi erosi dan kemudian menyebabkan banjir,” kata Hartopo, Rabu (25/1/2023).

Untuk saat ini, pihaknya telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus agar terus membangun komunikasi dengan kementerian maupun pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). ”Saya lewat PUPR akan meng-update terus perkembangannya,” ujarnya.

Selain berharap dua langkah tersebut segera direalisasi, Hartopo juga meminta ada pembangunan dua embung untuk menanggulangi banjir di Kota Kretek tahun ini.

Baca: Menteri Basuki Datang ke Kudus: Saya Malu Kalau Banjir Terus

Ia menilai, pembangunan embung masih sangat diperlukan untuk meredam banjir di Kecamatan Kaliwungu dan Mejobo. Sementara pompa baru akan berfungsi sebagai penanggulangan banjir di wilayah Kecamatan Jati.

”Tetap kemarin kami sampaikan ke Pak Menteri itu, ya memang jawabannya nanti bertahap, mungkin pompa dan normalisasi dulu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Basuki Hadimuljono mengunjungi Kabupaten KudusKamis (12/1/2023). Dia mengunjungi rumah pompa Tanggulangin di Desa Jati Wetan dan berjanji akan meng-upgradenya agar tidak terjadi banjir yang berlarut.

Baca: Sungai Wulan Kudus Akan Dinormalisasi, Menteri Basuki Siapkan Rp 1,4 Triliun

Selain itu, Basuki juga menjanjikan akan menormalisasi Sungai Wulan yang melintasi wilayah Kudus sepanjang 47 kilometer. Anggaran Rp 1,4 triliun sudah disiapkan agar segera bisa dilakukan pelaksanaan.

Selain Sungai Wulan, sungai yang terintegrasi seperti Sungai Juana, Serang Wulan Draine (SWD) 1 dan 2 juga akan jadi prioritas normalisasi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.