Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Melihat Jalur Khusus Sepeda Motor di Jalan Tol Bali Mandara, Tarifnya Cuma Rp 5 Ribu

Melihat Jalur Khusus Sepeda Motor di Jalan Tol Bali Mandara Tarifnya Cuma Rp 5 Ribu

Foto: Jalan Tol Bali Mandara (bpjt.pu.go.id)

Murianews, Kudus – Pembangunan jalan tol terus dilakukan pemerintah sejak tahun 1975. Selain di darat, pembangunan jalan tol juga dilakukan di atas air (laut).

Jalan tol di atas air di Indonesia ada di Pulau Dewata atau Bali yang dikenal dengan Jalan Tol Bali Mandara.

Melansir dari laman Badan Pengatur Jalan Tol, Selasa (24/1/2023), arti nama Mandara sendiri berasal dari singkatan “Maju, Aman, Damai dan Sejahtera” dan mengusung konsep green, strong, dan beauty toll road. Tak heran jika jalan tol ini memiliki pemandangan laut cukup indah.

Baca juga: Ini Jarak Interval Rest Area Tipe A, B, dan C di Jalan Tol, Segera Istirahat jika Lelah!

Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 kilometer ini telah diresmikan dan beroperasi sejak tahun 2013 lalu. Jalan Tol Bali Mandara yang dikelola oleh PT Jasa Marga Bali Tol, Tbk.

Jalan tol ini dibangun untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang selama ini terpusat di Bali Selatan yang menghubungkan segitiga emas antara Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua. Jalan tol ini sekaligus menjadi pelengkap akses jaringan jalan di Pulau Bali sehingga mempermudah akses ke pelabuhan maupun kawasan wisata lainnya

Jalan tol atas laut pertama di Indonesia ini di desain dengan menjaga estetika, keindahan arsitektur, dan tetap mengusung budaya khas Bali menghubungkan wilayah Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua. Uniknya, tol ini menjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor yang terpisah dengan kendaraan roda empat.

Jalan Tol ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang memiliki jalur khusus untuk sepeda motor yang masuk ke dalam Golongan VI. Jalan Tol ini terkoneksi dari Kota Denpasar dan Kabupaten Badung dari menghubungkan Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua dengan besaran tarif untuk kendaraan roda dua pada Jalan Tol Bali Mandara yakni sebesar Rp 5.000

Jalan Tol Bali Mandara juga merupakan Jalan Tol atas laut yang pertama di Indonesia dan merupakan salah satu Jalan Tol atas air terpanjang di dunia dengan menyuguhkan pemandangan indah ketika berkendara yang didesain dengan menjaga estetika, keindahan arsitekturnya, dan ornamen budaya khas Bali.

Dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara khususnya pengendara sepeda motor juga telah dipasang alat pengukur kecepatan angin berupa anemometer berbasis Internet of Things (IoT) di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa).

Ketika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih Jalan Tol ditutup sementara guna menghindari resiko kecelakaan, kemudian apabila sudah melebihi 80 km/jam, jalur mobil juga ikut ditutup.

Jalan Tol Bali Mandara menjadi salah satu infrastruktur ramah lingkungan yang turut mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Tahun 2022 lalu dan telah menerapkan teknologi hemat energi melalui Fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Water Recycling.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: bpjt.pu.go.id

Ruangan komen telah ditutup.