Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Suka Minum Kopi Tanpa Gula? Ini Manfaat dan Efek Sampingnya yang Perlu Diketahui

Suka Minum Kopi Tanpa Gula Ini Manfaat dan Efek Sampingnya yang Perlu Diketahui

Foto: Ilustrasi minum kopi (Michal Jarmoluk dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Selain teh, minuman favorit kebanyakan orang adalah kopi. Tak hanya orang tua, namun kopi juga digemari anak muda.

Ada beragam cara yang dilakukan dalam minum kopi ini. Misalnya, minum kopi dengan bahan campuran seperti gula, krim, susu hingga lemon.

Selain itu, banyak juga yang suka minum kopi murni alias tanpa campuran apapun, termauk gula. Mereka beranggapan jika minum kopi tanpa gula lebih nikmat dan menyehatkan tubuh.

Baca juga: Ketahui, Kopi ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut lho

Benarkan demikian? Melansir dari Halodoc, Selasa (24/1/2023), kopi tanpa gula juga dikenal sebagai kopi hitam. Ada berbagai manfaat kopi tanpa gula, di antaranya untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kebugaran tubuh. Para ahli merekomendasikan orang dewasa setidaknya mengonsumsi dua cangkir kopi tanpa gula setiap hari, yaitu secangkir di pagi hari dan secangkir di sore hari.

Manfaat Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan

Manfaat kopi tanpa gula akan terasa jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan jumlah yang tepat. Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kopi tanpa gula atau kopi hitam:

Meningkatkan daya ingat

Seiring bertambahnya usia, sering kali menyebabkan penurunan daya ingat. Termasuk peningkatan risiko penyakit demensia, parkinson, dan alzheimer. Risiko tersebut dapat dikurangi dengan minum kopi hitam di pagi hari, karena dapat meningkatkan fungsi otak.

Meningkatkan performa olahraga

Salah satu manfaat tanpa gula yang terbaik adalah meningkatkan performa fisik saat olahraga. Kopi hitam bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang intens.

Selain itu, kopi hitam juga dapat memecah lemak tubuh yang disimpan dan melepaskan sel-sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas. Hal tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

Bermanfaat untuk hati

Siapa sangka jika kopi juga bermanfaat untuk hati. Pasalnya, kopi hitam dapat membantu mencegah hepatitis, penyakit hati berlemak, dan sirosis alkoholik. Kopi bekerja dengan menurunkan tingkat enzim hati yang berbahaya dalam darah.

Membersihkan perut

Kopi merupakan minuman diuretik sehingga akan membuatmu sering buang air kecil. Namun disitulah manfaat kopi tanpa gula, sebab ia membantu mengeluarkan semua racun dan bakteri melalui urin. Alhasil, perut jadi lebih bersih.

Membantu penurunan berat badan

Jika kamu memiliki rencana menurunkan berat badan, jadikanlah kopi tanpa gula sebagai salah satu pendukungnya. Sebab kopi dapat meningkatkan kemampuan olahraga lebih lama atau lebih banyak jika meminumnya 30 menit sebelum pergi ke gym.

Selain itu, kopi juga membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen. Kopi juga dapat merangsang sistem saraf yang memberi sinyal pada tubuh untuk memecah sel-sel lemak. Kemudian menggunakannya sebagai sumber energi sebagai lawan dari glikogen.

Efek Samping Kopi Tanpa Gula

Meskipun kopi tanpa gula memiliki banyak manfaat, tapi efek sampingnya juga tidak dapat dibantah. Namun, kondisi tersebut dapat muncul jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan atau selama memiliki kondisi medis tertentu.

Berikut ini ini efek samping kopi tanpa gula yang perlu diketahui:

1. Terlalu banyak minum kopi hitam dapat melepaskan hormon stres dalam kadar tinggi di tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kecemasan dan stres. Kamu jadi merasa gelisah saat minum kopi terlalu banyak.

2. Asupan kopi hitam berlebihan dapat merusak rutinitas tidur. Sebaiknya hindari minum kopi beberapa jam sebelum tidur, agar tidur lebih nyenyak.

3. Kopi hitam banyak mengandung kafein dan asam, sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan keasaman di perut. Akibatnya, kamu akan mengalami kram dan kejang perut.

4. Terlalu banyak minum kopi hitam juga dapat membuat tubuh sulit menyerap mineral dari makanan, seperti zat besi, kalsium, dan zinc.

Itulah manfaat kopi tanpa gula dan efek sampingnya. Sebaiknya bijaklah dalam minum kopi, meski itu adalah minuman favoritmu.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.