Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Begini Cara Memutihkan Gigi yang Aman

Ketahui Begini Cara Memutihkan Gigi yang Aman

Foto: Ilustrasi gosok gigi (freepik.com)

Murianews, Kudus – Gigi putih dan bersih merupakan idaman semua orang. Dengan gigi yang seperti ini akan membuat percaya diri saat tampil di hadapan banyak orang.

Meski demikian, tidak semua orang bisa memiliki gigi yang putih dan sehat. Banyak faktor yang menyebabkannya, mulai dari kurangnya perawatan dan menjaga kebersihan gigi ataupun makanan.

Demi memiliki gigi putih dan bersih banyak cara yang dilakukan. Bahkan, tidak sedikit yang rela mengeluarkan banyak biaya demi memiliki gigi idaman.

Baca juga: Ini Risiko Kikir Gigi yang Perlu Diketahui sebelum Mencoba

Ada juga yang mencoba membersihkan gigi dengan bahan-bahan alami. Namun, sebaiknya tidak sembarangan melakukannya.

Melansir dari Halodoc, Selasa (24/1/2023), ada berbagai faktor yang menyebabkan gigi menjadi tampak kuning kusam. Terutama makanan yang dapat menodai enamel gigi, yang merupakan lapisan terluar gigi. Selain itu, penumpukan plak pada gigi juga dapat menyebabkan gigi menguning.

Perubahan warna gigi biasanya dapat diatasi dengan membersihkannya secara rutin dan melakukan perawatan pemutihan. Namun, terkadang gigi menjadi kuning akibat enamel yang keras telah terkikis, sehingga memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan tulang berwarna kuning alami yang terletak di bawah enamel.

Sementara itu, cara memutihkan gigi yang paling aman adalah dengan berkonsultasi pada dokter spesialis gigi, untuk mendapatkan rekomendasi yang aman. Berikut ini cara memutihkan gigi yang aman:

Konsultasikan pada dokter gigi

Ada banyak faktor yang menyebabkan gigi putih kian memudar. Dokter gigi perlu memeriksa gigi dan memberikan analisa warna gigi, termasuk alasan gigi menjadi tampak kuning. Selain itu, dokter akan mengetahui fakta bahwa restorasi yang kamu lakukan mungkin tidak merubah warna gigi dan rekomendasi rejimen pemutihan gigi akan disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Produk bebas resep

Setelah berkonsultasi dengan dokter gigi, mereka akan merekomendasikan beberapa pilihan produk bebas resep yang baik, seperti strip pemutih gigi. Produk bebas resep tersedia dalam konsentrasi pemutih yang berbeda. Sebaiknya ikuti saran dokter atau ikuti instruksi pada label produk.

Meskipun strip pemutih gigi dapat bekerja dengan baik, tapi ahli memperingatkan agar tidak menggunakannya secara berlebihan. Sebab penelitian menunjukkan bahwa bahan pemutih gigi dapat menyebabkan berkurangnya kekencangan gigi.

Bahan pemutih gigi juga dapat menyebabkan perubahan pada permukaan gigi. Maka dari itu, penggunaan produk gigi tetap perlu pengawasan dari dokter agar proses pemutihan gigi tetap aman.

Selektif pada cara rumahan

Beberapa pilihan cara memutihkan gigi seringkali menyarankan untuk menghindari bahan kimia. Sementara itu ada juga ahli yang berpendapat bahwa bahan-bahan alami, seperti stroberi, minyak kelapa, dan arang, tidak ampuh untuk mengatasi kondisi ini. Adapun, bahan-bahan alami hanya dapat menghilangkan noda yang dangkal, tapi tidak dapat mengubah warna gigi menjadi lebih putih.

Gunakan pasta gigi dan obat kumur pemutih gigi sebagai perawatan

Jika kamu baru menjalani perawatan memutihkan gigi, maka perlu dirawat dengan pasta gigi dan obat kumur yang dijual bebas. Hal tersebut untuk mempertahankan tampilan gigi yang lebih putih. Menggunakan pasta gigi dan obat kumur pemutih gigi merupakan cara yang aman direkomendasikan.

Cara Mencegah Gigi Menguning

Perubahan warna gigi dapat terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. Namun ada beberapa cara untuk mencegah gigi menguning agar tampilan gigi putih bertahan lebih lama.

1. Batas konsumsi makanan dan minuman berwarna. Minuman seperti kopi, anggur merah, dan soda berwarna dapat menodai gigi. Sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman seperti itu.

Atau kamu dapat mencegah zat dari minuman tersebut bersentuhan langsung dengan gigi, misalnya dengan menggunakan sedotan. Selain itu, gosok gigi kira-kira 60 menit setelah mengonsumsi salah satu makanan atau minuman tersebut untuk membatasi efeknya pada warna gigi.

2. Hindari merokok dan mengunyah tembakau. Dua kebiasaan tersebut dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

3. Batasi asupan gula. Jika ingin gigi tetap putih, kurangi asupan gula. Sebab gula dapat mendukung pertumbuhan Streptococcus mutans, yaitu jenis bakteri yang dapat menyebabkan plak dan radang gusi. Setelah mengonsumsi makanan manis, pastikan untuk segera menyikat gigi.

4. Cukupi kebutuhan kalsium dari makanan. Mencukupi kalsium dapat memperkuat enamel gigi dan membantu menjaga gigi tetap putih. Beberapa makanan yang banyak kalsium, yaitu susu, keju, dan brokoli, dapat membantu melindungi gigi dari erosi enamel.

Itulah yang perlu diketahui tentang cara memutihkan gigi yang aman. Jika kamu memiliki masalah serupa, sebaiknya segera temui dokter spesialis gigi.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.