Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Biasa Dibuang, Kulit Mangga Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan lho

Biasa Dibuang Kulit Mangga Ternyata Punya Manfaat untuk Kesehatan lho

Foto: Buah mangga (Fathima Shanas dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Mangga adalah salah satu buah favorit orang Indonesia. Selain rasanya enak, pohon mangga ini banyak ditanam di berbagai daerah sehingga keberadaannya mudah didapat.

Konsumsi mangga ini bukan hanya pada buahnya yang sudah matang saja. Namun, mangga yang masih muda juga banyak diincar orang.

Mangga muda tidak dimakan begitu saja seperti mangga matang. Biasanya, mangga muda ini dibikin rujak atau asinan.

Baca juga: Suka Makan Asinan Buah Mangga? yuk, Coba Bikin Sendiri di Rumah

Selain itu, kulit mangga ternyata juga punya banyak manfaat buat kesehatan. Selama ini, kulit mangga biasa dibuang begitu saja karena dianggap sebagai sampah.

Nah, berikut sederet manfaat dari mengonsumsi kulit buah mangga, dilansir dari Halodoc, Selasa (24/1/2023).

Mencegah kanker

Kulit buah ini mengandung mangiferin, norathyriol, dan resveratrol, yang merupakan golongan antioksidan. Senyawa ini membantu mencegah sekaligus melawan kanker termasuk kanker paru-paru, usus besar, payudara, otak, dan sumsum tulang belakang.

Kulit buah ini juga mengandung triterpen dan triterpenoid, yaitu senyawa tumbuhan yang membantu melawan kanker dan diabetes. Satu studi menemukan bahwa ekstrak dari kulit buah mangga mengandung sifat antioksidan dan antikanker yang lebih kuat daripada buahnya sendiri.

Membantu menurunkan berat badan

Penelitian oleh Fakultas Farmasi Universitas Queensland menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah mangga mengurangi pembentukan sel lemak. Namun, kamu perlu memilih varietas yang tepat untuk mendapatkan manfaat ini.

Membantu mencegah penyakit jantung

Kulit buah ini kaya akan beta cryptothanxin, senyawa yang ada pada beberapa tumbuhan. Jenis fitonutrien ini mendukung komunikasi antara sel-sel sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kandungan serat yang tinggi pada kulit mangga juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Sebuah studi oleh tim dari Harvard University terhadap lebih dari 40.000 pria menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi tinggi serat berisiko mengidap penyakit jantung 40 persen lebih rendah. Studi pada wanita  pun memiliki hasil yang serupa.

Menurunkan risiko penyakit divertikular

Divertikulitis merupakan peradangan usus yang rentan menimpa orang lanjut usia.  Makan makanan tinggi serat, seperti kulit mangga, berkaitan dengan penurunan penyakit ini 40 persen lebih rendah.

Adakah Efek Negatifnya?

Meskipun kulit buah mangga menyimpan banyak khasiat kesehatan, bukan berarti konsumsinya tidak mengandung risiko. Beberapa efek yang patut kamu waspadai, yaitu:

1. Berpotensi menyebabkan alergi

Kulit buah ini mengandung urushiol, campuran bahan kimia organik yang juga ada pada poison ivy dan poison oak. Urushiol dapat meningkatkan respons alergi pada beberapa orang, terutama mereka yang sensitif terhadap poison ivy dan tanaman beracun lainnya.

2. Mengandung residu pestisida

Tak sedikit buah dan sayuran yang kerap diberi pestisida untuk melawan hama perusak tanaman. Nah, kulit adalah bagian yang pasti mengandung banyak residunya.

Penelitian mengaitkan paparan pestisida dengan masalah kesehatan, seperti gangguan sistem endokrin, masalah reproduksi, dan peningkatan risiko kanker tertentu.

Namun, efek ini hanya akan muncul jika paparan pestisidanya sangat tinggi. Memakan sejumlah kecil kulit buah kemungkinan tidak akan menimbulkan efek apapun.

3. Memiliki tekstur dan rasa yang kurang enak

Meski buah mangga manis, lembut dan enak, tekstur dan rasa kulit buah ini mungkin terlihat tidak menggugah selera. Pasalnya, bagian kulit cenderung keras, sulit dikunyah dan pahit.

Itulah informasi seputar khasiat kulit mangga. Jika kamu punya keluhan kesehatan, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.