Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Biaya Diusulkan Naik, Biro Haji di Jepara Minta BPKH Transparan

Biaya Diusulkan Naik Biro Haji di Jepara Minta BPKH Transparan

Haizul Ma’arif, salah satu pemilik biro umrah dan haji di Kabupaten Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Biaya ibadah haji diusulkan naik sampai dua kali lipat. Rencana kenaikan itu dikeluhkan pelaku biro haji di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Diketahui, Kementrian Agama RI mengusulkan Biaya Penyelenggaraan Haji (BPIH) naik sekitar Rp 514.888 dari tahun sebelumnya yakni Rp 81.747.844,04 menjadi Rp 98.893.909 pada tahun ini.

Sementara untuk kenaikan Biaya Perjalanan Haji (Bipih) atau uang yang harus dibayarkan calon jemaah dari semula Rp 39.886.009 pada tahun 2022 kini diusulkan menjadi Rp 69.193.733.

Menanggapi usulan itu, salah satu pemilik biro haji dan umrah di Jepara, Haizul Ma’arif mengaku kaget dengan angka kenaikan tersebut.

Baca: Bakal Gelar Pameran, Pengusaha Mebel Jepara Keluhkan Jalan Rusak

’’Kasihan masyarakat. Sudah menunggu lama tanpa kepastian. Mau berangkat malah biayanya naik sedemikian mahal,’’ kata ketua DPRD Kabupaten Jepara itu, saat ditemui Murianews di Gedung Wanita Jepara, Selasa (24/1/2023).

Menurut Gus Haiz, semestinya pemerintah menghitung ulang angka yang diusulkan itu secara tepat. Apalagi, anggaran haji dikelola BPKH, yang sebenarnya ada anggaran subsidi untuk para calon jemaah haji dan bisa meringankan.

’’Kenaikan itu tidak realistis. Wong, dari pemerintah Arab Saudi infonya ini biayanya turun, kok,” tegas Gus Haiz.

Sebagian masyarakat yang mengetahui usulan kenaikan itu menemui Gus Haiz dan sambat. Mereka mencurahkan isi hatinya bahwa kenaikan itu sangat memberatkan mereka.

’’BPKH sekarang harus angkat bicara. Pengeloan dana haji bagaimana? Subsidinya gimana? Saya kira itu harus transparan,’’ tandas Gus Haiz.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.