Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Coklit Data Pemilih di Jepara Segera Dilakukan

Coklit Data Pemilih di Jepara Segera Dilakukan

Anggota PPS diberi arahan dalam pelantikan oleh KPU Kabupaten Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah segera dilakukan. Tahapan itu dijadwalkan dimulai pada 12 Februari 2023 hingga Maret 2023.

Sebelum melakukan pencoklitan, KPU Kabupaten Jepara lebih dulu melakukan perekrutan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih). Tahapan itu dijadwalkan pada 26-30 Januari 2023.

’’Sesuai data dari KPU RI ada 931.482 jiwa yang akan dicoklit,’’ sebut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Muhammadun, Selasa (24/1/2023).

Usai perekrutan, Pantarlih nantinya dilantik anggota PPS pada 6 Februari 2023. Setelah itu mereka akan langsung bekerja menjalankan tahapan coklit.

’’Hasil coklit nanti, Pantarlih melaporkan ke PPS,’’ jelas Muhammadun.

Baca: Dilantik, Anggota PPS di Jepara Langsung Gas Pol

Dijelaskan, Pantarlih nantinya melakukan verifikasi faktual terhadap data tersebut. Itu dilakukan untuk mengetahui fakta di lapangan terkait data yang diterima dari KPU RI itu.

’’Apakah ada yang sudah meninggal atau masih hidup, usianya sudah memenuhi syarat atau belum, serta kepastian domisili warga,’’ imbuhnya.

Setelah mendapati hasil coklit tersebut, nantinya KPU menetapkan data verifikasi menjadi Daftar Penilih Tetap. Penetapan itu membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Dalam PKPU nomor 7 tahun 2022, terdapat substansi terkait siapa pemilih dan namanya. Apakah mereka dalam kategori pemilih yang terdaftar dalam DPT Pemilu sebelumnya, pemilih tambahan ataukah pemilih khusus.

Pemilih tambahan adalah mereka yang pindah pilih karena tidak bisa menggunakan gak pilih di TPS yang ditentukan, sehingga harus mengurus surat pindah ke tujuan yang diinginkan.

Sedangkan pemilih khusus, adalah pemilih yang tidak tercantum dalam DPT. Namun mereka bisa menggunakan gak pilih di TPS terdekat sesuai dengan alamat KTP.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.