Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pelantikan PPS di Pati Diwarnai Deklarasi Damai Pemilu 2024

Pelantikan PPS di Pati Diwarnai Deklarasi Damai Pemilu 2024

Pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik di Halaman Stadion Joyokusumo Pati, Selasa (24/1/2023).  (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Sebanyak 1.218 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Pati resmi dilantik. Pelantikan diselenggarakan di Halaman Stadion Joyokusumo Pati, Selasa (24/1/2023).

Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setiawan memimpin pelantikan tersebut. Tak hanya itu, mereka juga mengucapkan ikrar janji sukseskan pemilu yang dipimin Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro.

Di kesempatan itu dilakukan juga Deklarasi Damai Pemilu 2024. Deklarasi itu dihadiri Kapolresta Pati Kombes Pol Andika Bayu Adhitama, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan, pimpinan ormas dan pimpinan parpol.

Dalam pelantikan itu, Imbang meminta semua anggota PPS dapat menjalankan tugas, wewenang dan kewajibannya sesuai UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Baca: Tiga Pekan Banjir, Warga Mintobasuki Pati Terserang Berbagai Penyakit

Mereka juga diminta mengedepankan komunikasi dengan Pemerintah Desa dan semua pihak untuk menyukseskan pesta demokrasi itu.

’’Selalu gunakan UU nomor 7 tahun 2017 sebagai pijakan bagi PPS dalam bekerja dan sebagai panduan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum  2024,’’ ujar Imbang.

Sementara itu, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro meminta petugas PPS untuk memegang teguh sumpah janji yang telah diucapkan. Menurutnya, ujung tombak KPU merupakan anggota PPS ini.

’’Sumpah janji ini mengandung konsekuensi yang tidaklah ringan. Bagi kita harus menjalankan tugas yang sebaik-baiknya sehingga Pemilu di Kabupaten Pati bisa berjalan aman, tertib dan lancar sesuai dengan yang kita harapkan bersama,’’ pungkas dia.

Diketahui, PPS ini tersebar di 406 desa/kelurahan di Kabupaten Pati. Setiap desa/kelurahan terdapat tiga anggota PPS. Sebelumnya mereka telah menjalani seleksi yang digelar oleh KPU Kabupaten Pati.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.