Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banjir di Mintobasuki Pati Kembali Tinggi

Banjir di Mintobasuki Pati Kembali Tinggi | MURIANEWS

Banjir di Dukuh Jrakah, Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Pati, Jawa Tengah, kembali meninggi. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Banjir di Dukuh Jrakah, Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Pati, Jawa Tengah, kembali tinggi. Setidaknya 40 rumah di desa tersebut masih terendam.

Bencana banjir merendam desa itu sejak Sabtu (31/12/2022) lalu. Meski sempat surut pada pekan lalu, namun banjir kembali tinggi.

Pada pekan lalu, ketinggian air antara 10 hingga 60 cm. Saat ini ketinggian air naik menjadi antara 10 cm hingga 1,5 meter. Hujan yang cukup lebat pada akhir pekan lalu disebut jadi penyebabnya.

Baca: Banjir Mulai Surut, Tentara hingga Relawan Kompak Bersihkan SDN 2 Banjarsari Pati

’’Kemarin (pekan lalu) sempat surut terus ada hujan, (banjir) naik lagi. Mulai naik lagi hari Senin. Ini cari lauk sulit karena jalannya juga terendam. Bantuan nasi bungkus sudah jarang,’’ ujar salah satu warga Anik, Selasa (24/1/2023).

Sementara itu, perangkat Desa Mintobasuki, Kartono mengatakan banjir ini membuat ribuan warga terdampak. Aktivitas warga menjadi terganggu.

’’Yang tergenang satu dukuh. Yang terendam kurang lebih ada 40 rumah. Kemarin sempat surut. Saat ini ketinggian air sekitar 1,5 meter. Sebanyak 500 KK yang terdampak atau sekitar 2000-an jiwa yang terdampak,” pungkas dia.

Diketahui, pada Sabtu (31/12/2022) banjir menggenangi sejumlah desa di 12 kecamatan di Kabupaten Pati. Saat ini tinggal sekitar 6 kecamatan yang masih tergenang banjir. Keenam kecamatan itu yakin, Sukolilo, Kayen, Pati, Gabus, Jakenan dan Juwana.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.