Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jokowi Respons Usulan Jabatan  Kades 9 Tahun, Ini Katanya

Jokowi Respons Usulan Jabatan Kades 9 Tahun Ini Katanya

Presiden Joko Widodo. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Murianews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons adanya usulan perpanjangan masa jabatan kepala desa (Kades) hingga 9 tahun. Jokowi tidak mempermasalahkan adanya aspirasi tersebut.

Namun, terkait hal itu, Kades dipersilakan untuk menyampaikan aspirasi tersebut ke DPR.

”Ya yang namanya keinginan, yang namanya aspirasi itu silakan disampaikan kepada DPR,” kata Jokowi, mengutip Detik.com, Selasa (24/1/2023).

BacaSoal Masa Jabatan Kades 9 Tahun, Mendes PDTT Buka Suara

Jokowi menegaskan saat ini masa jabatan kepala desa masih seperti apa yang tercantum dalam undang-undang Desa. Pasal 39 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tertuang masa jabatan kepala desa 6 tahun.

”Tapi yang jelas UU-nya sangat jelas membatasi 6 tahun dan selama 3 periode itu. Pro silakan nanti ada di DPR,” ujarnya.

Isu perpanjangan masa jabatan kepala desa ini disuarakan para kepala desa yang berdemonstrasi menyuarakan aspirasi di depan Gedung DPR, Senin, 16 Januari 2023 lalu.

Mereka meminta Pasal 39 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 direvisi, sehingga masa jabatan yang semula enam tahun bisa menjadi sembilan tahun. Maka, kalau maksimal dua periode, kepala desa bisa menjabat 18 tahun.

BacaSoal Masa Jabatan Kades 9 Tahun, Mendes PDTT Buka Suara

Alasan perpanjangan masa jabatan adalah masa jabatan enam tahun tidak cukup untuk membangun desa. Para kepala desa juga meminta Pilkades 2024 ditunda agar tidak mengganggu Pemilu 2024.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Ruangan komen telah ditutup.