Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kesehatan dan Kejiwaan Napi Rutan Kudus Dipantau

Penyuluhan dan skrinning kesehatan dan kejiwaan bagi napi Rutan Kudus. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Narapidana (napi) atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diberi penyuluhan dan skrinning kesehatan, Sabtu (21/1/2023).

Kegiatan ini dilakukan petugas kesehatan rutan dan tenaga kesehatan Puskesmas Wergu Wetan. Selain kesehatan badan, para napi juga dipantau kesehatan jiwanya.

Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Kudus, Abdul Aziiz Sinung Wibowo mengatakan, kegiatan penyuluhan dan skrinning yang dilakukan ini berdasarkan surat Kanwil Jateng pada akhir Oktober 2022 lalu.

”Ini tindak lanjut surat Kanwil perilah sosialisasi teknis pemasyarakatan tentang tatalaksana layanan kesehatan mental atau jiwa warga binaan pemasyarakatan dan tahanan di Rutan Kudus,” katanya.

Baca: Dispertan Kudus Jamin Tak Ada Gesekan di Relokasi Pedagang Sayur Bitingan

Ia menjelaskan, kesehatan warga binaan memang perlu diperhatikan. Pasalnya mereka juga memiliki hak yangd ijamin dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

”Di pasal 14 yakni  setiap tahanan dan WBP berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak,” ujarnya.

Lebih lanjut dengan adanya penyuluhan dan skrining kesehatan yang dilakukan ini, petugas akan bisa mengantisipasi dan mendeteksi dini jika ada masalah kesehatan badan atau jiwa dari warga binaan.

”Sehingga bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin,” ucapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.