Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dilantik, Anggota PPS di Jepara Langsung Gas Pol

Dilantik Anggota PPS di Jepara Langsung Gas Pol

Seluruh anggota PPS di Jepara dilantik serentak di Gedung Wanita. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jepara – Sebanyak 585 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 dilantik, Selasa (24/1/2023). Pelantikan diselenggarakan di Gedung Wanita Jepara.

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri mengatakan, dari total anggota PPS, tiga di antaranya berhalangan hadir. Mereka nantinya mengikuti pelantikan susulan.

’’Ada tiga yang tidak hadir. Satu sakit, satu ibadah umrah, satunya lagi masih studi di Bandung,’’ kata Subchan.

Dijelaskan, mereka nantinya bertugas di 195 desa dan kelurahan Kabupaten Jepara. Masing-masing desa dan kelurahan terdapat tiga anggota PPS.

Baca: Bawaslu Jepara Ingatkan Ancaman Ini saat Pemilu 2024

Subchan mengatakan, usai dilantik mereka nantinya langsung bekerja. Sejumlah agenda tahapan Pemilu 2024 sudah menanti para anggota PPS.

Terdekat, mala mini, mereka harus melakukan rapat pleno. Rapat itu untuk membagi tugas kepengurusan PPS. Yakni, penunjukan siapa yang jadi ketua, anggota dan pembagian devisi.

’’ Mereka (PPS, red) tidak ada istirahatnya ini. Langsung bekerja. Besok pagi mereka harus koordinasi dengan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan, red),’’ jelas Subchan.

Kemudian pada 26-30 Januari 2023, PPS sudah harus menyelenggarakan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Selain merekrut, PPS juga diberi kewenangan atas nama KPU Kabupaten Jepara untuk menetapkan Pantarlih di desa atau kelurahan masing-masing.

’’Pantarlih akan dilantik PPS nanti 6 Februari 2023,’’ kata Subchan.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.