Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Indonesia – Arab Saudi Teken Kerja Sama Dagang untuk Pemenuhan Kebutuhan Jemaah Haji

Indonesia Arab Saudi Teken Kerja Sama Dagang untuk Pemenuhan Kebutuhan Jemaah Haji

Penandatanganan kerja sama Indonesia-Arab Saudi (Dok.Kemendag)

Murianews, Jakarta – Indonesia bersama dengan Arab Saudi melakukan penandatanganan kerja sama perdagangan untuk memasok kebutuhan jemaah haji.

Kerja sama ini dengan nilai kontrak Rp 2,3 triliun dengan memasok delapan jenis kebutuhan, yakni RBD palm olein, minyak goreng, produk ikan dan olahannya, daging, sayuran dan olahannya, buah-buahan, kakao, beras, rempah-rempah, mi telur, dan arang.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku menyambut baik dengan adanya kerja sama ini. Terlebih, ada banyak jemaah haji Indonesia yang setiap tahunnya datang ke Arab Saudi.

BacaProtes Keluarga Soal Kasus WNI Lakukan Pelecehan Seksual di Arab Saudi

”Saya menyambut baik penandatanganan kontrak dagang, perjanjian kerja sama, dan MoU antara pelaku usaha Indonesia dengan Arab Saudi. Diharapkan kerja sama ini akan terus berlanjut dengan transaksi dagang yang semakin besar dan dengan komoditas yang semakin banyak jenisnya,” katanya, mengutip Antara, Selasa (24/1/2023)

Dari penandatanganan delapan kerja sama tersebut, terdapat dua MoU yang dikhususkan untuk pemenuhan kebutuhan jamaah haji dan umrah.

”MoU khusus untuk pemenuhan kebutuhan jamaah haji ditujukan untuk komoditas ikan dan olahannya dalam berbagai kemasan, serta daging dan sayuran dalam berbagai jenis kemasan,” ujar Mendag.

Ia menegaskan perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri akan selalu siap membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan ekspor, termasuk mempromosikan produk dan memperluas pasar.

BacaIndonesia Protes Soal WNI Divonis 2 Tahun Kasus Pelecehan di Arab Saudi

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengatakan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan ekspor ke negara mitra dagang strategis dan nontradisional.

”Peluang ekspor Indonesia ke Arab Saudi masih sangat terbuka lebar. Untuk itu kami mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan optimal sehingga ekspor Indonesia ke Arab Saudi semakin meningkat,” ujarnya.

 

Penulis: Cholis Anwar

Editor: Cholis Anwar

Sumber: Antara

Ruangan komen telah ditutup.