Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Suka Minum Air Tebu? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Minum Air Tebu Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Foto: Tebu (Joseph Mucira dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Minum air tebu rasanya sangat menyegarkan. Apalagi jika ditambah dengan es dan diminum pada saat cuaca terik.

Tak heran, jika air tebu digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga orang tua banyak yang suka minum air tebu.

Selain melepas dahaga, minum air tebu juga bermanfaat bagi kesehatan, Hal ini berasal dari kandungan nutrisi yang terdapat pada tebu.

Baca juga: Kaya Beragam Nutrisi, Ini Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Dalam tebu diketahui memiliki kandungan gula alami yang cukup tinggi. Tebu hampir tidak memiliki kandungan lemak, kolesterol, ataupun protein. Namun, mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi, yang penting untuk tubuh.

Melansir dari Halodoc, Senin (23/1/2023), dalam 28,35 gram sari tebu murni, terkandung 113,43 kalori, 25,40 gram karbohidrat, 0,20 gram protein, dan 0,66 gram lemak.

Berikut ini beberapa manfaat minum air tebu untuk kesehatan tubuh:

Memberi Suntikan Energi Instan

Sering dijajakan di pinggir jalan saat siang hari, es sari tebu bisa jadi penambah energi yang menyegarkan. Gula sederhana dalam air tebu mudah diserap tubuh dan bisa mengisi kembali kadar gula dengan cepat.

Meningkatkan Fungsi Hati

Air tebu telah lama populer sebagai salah satu pengobatan alami terbaik untuk penyakit terkait hati seperti penyakit kuning. Ini karena air tebu bersifat basah, sehingga bisa membantu dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Membantu Tubuh Melawan Kanker

Konsentrasi kalsium, magnesium, potasium, besi, dan mangan yang tinggi membuat sari tebu bersifat basa. Selain itu, kandungan flavonoid membantu tubuh mencegah sel kanker, terutama kanker prostat dan payudara.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat lainnya minum air tebu untuk kesehatan adalah memperlancar sistem pencernaan. Kandungan kalium dalam air tebu menyeimbangkan tingkat pH di perut dan memfasilitasi sekresi cairan pencernaan. Ini juga membantu mencegah infeksi lambung.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Karena rendah kolesterol, rendah sodium, tanpa lemak jenuh, air tebu bermanfaat untuk membantu menjaga ginjal dalam kondisi prima.

Meredakan Rasa Sakit yang Terkait dengan PMS dan ISK

Jika dikonsumsi dalam bentuk encer, dengan perasan jeruk nipis dan air kelapa, air tebu dapat membantu mengurangi peradangan tubuh. Terutama yang terjadi akibat penyakit menular seksual, infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan prostatitis.

Membantu Perkembangan Tulang dan Gigi

Kalau menengok jauh ke belakang, batang tebu sering digunakan di zaman dahulu untuk membantu perkembangan tulang dan gigi. Selain jadi hiburan bagi anak-anak dan remaja, kandungan kalsium dalam tebu dapat menunjang perkembangan sistem kerangka, tulang, dan gigi.

Mencegah Bau Mulut dan Kerusakan Gigi

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapat dari minum air tebu adalah mencegah bau mulut dan kerusakan gigi. Tebu kaya akan mineral, termasuk kalsium dan fosfor, dan juga membantu membangun enamel gigi dan memperkuat gigi. Ini juga mengatasi bau mulut.

Bermanfaat bagi Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes memang harus mewaspadai konsumsi gula. Namun, meski kandungan gula dalam air tebu cukup tinggi, dalam jumlah sedang, minum air tebu justru bermanfaat bagi pengidap diabetes.

Sebab, gula alami dalam ekstrak tebu memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar glukosa darah yang sering terjadi pada pengidap diabetes. Namun, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Itulah beberapa manfaat minum air tebu untuk kesehatan tubuh. Gula yang terkandung dalam air tebu memang alami dan bermanfaat. Namun, perlu kamu ingat bahwa pada dasarnya itu adalah gula. Jadi, konsumsilah sewajarnya saja.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.