Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Dampak Vape untuk Kesehatan Wanita yang Perlu Diketahui, Jangan Anggap Remeh!

Ini Dampak Vape untuk Kesehatan Wanita yang Perlu Diketahui Jangan Anggap Remeh

Fot: Vape (haiberliu dari Pixabay)

Murianews, Kudus – Penggunaan vape kini sedang jadi trend, terutama di kalangan anak muda. Vape atau rokok elektrik ini jadi pilihan karena dinilai lebih praktis dan aman dibandingkan rokok biasa dari bahan tembakau.

Bagi pengguna vape sebaiknya hati-hati lho. Pasalnya, rokok elektrik ini juga rentan menimbulkan dampak kesehatan, terutama pada paru-paru.

Terkait kondisi ini, sejumlah negara bahkan melarang penggunaan vape. Untuk itulah, sebaiknya jangan memakai alat ini karena kandungan bahan kimia dalam vape bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Baca juga: Suka Pakai Vape? Waspadai Gangguan pada Kesehatan Paru-Paru lho

Melansir dari Halodoc, Selasa (23/1/2023), vape dapat menyebabkan disfungsi sel, stres oksidatif, dan kerusakan DNA pada wanita. Tak hanya itu, penggunaan dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Vape atau rokok elektrik bekerja dengan memanaskan cairan, kemudian mengubahnya menjadi uap (aerosol). Di dalam cairannya mengandung gliserin atau propilen glikol, nikotin, dan zat kimia lain.

Tak hanya itu, uap yang dihasilkan dari proses pemanasan mengandung bahan kimia berbahaya, seperti logam berat, formaldehida, dan akrolein. Kandungan tersebut berisiko membahayakan organ paru-paru.

Masalah pada Wanita Akibat Penggunaan Vape

Beberapa gangguan kesehatan pada wanita yang tidak bisa disepelekan, antara lain:

1. Masalah kesuburan

Masalah kesuburan dipicu oleh kerusakan DNA akibat penggunaan vape berlebihan. Di dalamnya mengandung berbagai zat yang dapat memengaruhi produksi hormon, sehingga mempersulit wanita mendapatkan kehamilan.

Selain itu, terlalu sering menggunakan rokok elektrik berpotensi merusak sel telur. Gangguan ini tak hanya menyebabkan masalah kesuburan, tapi juga memicu menopause dini pada wanita.

2. Membahayakan janin

Zat kimia yang terkandung di dalam vape berisiko membahayakan janin dalam kandungan. Salah satunya, yakni nikotin. Kandungan ini berisiko merusak otak dan paru-paru janin yang sedang berkembang.

Selain itu, penggunaan rokok elektrik selama kehamilan bisa menurunkan kesehatan jangka panjang dan metabolisme janin dalam kandungan. Ini berisiko menghambat tumbuh kembang normal pada janin.

3. Menurunkan kesehatan paru-paru

Beberapa gangguan paru-paru yang dipicu oleh penggunaan rokok elektrik, yakni oksidasi, toksisitas, dan peradangan. Ketiganya disebabkan oleh paparan zat kimia yang masuk dan mengendap dalam organ paru-paru.

Selain itu, vitamin E asetat terdapat dalam cairan rokok elektronik dapat memicu kerusakan yang disebut dengan e-cigarette, or vaping, product use-associated lung injury (EVALI). Kondisi ini memicu nyeri dada dan sesak napas yang berujung pada gagal napas.

4. Menurunkan kesehatan jantung

Nikotin dalam rokok elektrik dapat memicu gangguan pada jantung. Saat masuk ke dalam tubuh, kandungan tersebut mengalir melalui aliran darah. Kemudian, kelenjar adrenal akan terangsang untuk melepaskan hormon epinefrin, sehingga tekanan darah dan detak jantung jadi meningkat.

5. Meningkatkan risiko kanker

Kandungan zat kimia berupa formaldehida di dalam rokok elektrik bersifat karsinogenik. Jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang, kandungan tersebut dapat memicu perkembangan sel abnormal dalam tubuh.

Selain beberapa poin di atas, kandungan nikotin dalam rokok elektrik juga meningkatkan risiko ketergantungan dan menyebabkan keracunan janin. Selain itu, nikotin dapat membahayakan perkembangan otak remaja dan bayi yang sedang berkembang.

Jika mengalami keluhan kesehatan, silakan buat janji medis dan tanya dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dapatkan penanganan yang dibutuhkan untuk meminimalisir perburukan masalah yang dialami.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

Ruangan komen telah ditutup.