Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 23 Januari, Ini Daftarnya

Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 23 Januari Ini Daftarnya

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Tangkapan layar)

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 23 Januari dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah lahirnya Megawati Soekarnoputri di tahun 1947. Prof Dr (H.C.) Hj Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri (lahir 23 Januari 1947) adalah Presiden Indonesia yang kelima yang menjabat sejak 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004.

Ia merupakan presiden wanita Indonesia pertama dan putri dari presiden Indonesia pertama, Soekarno, yang kemudian mengikuti jejak ayahnya menjadi Presiden Indonesia. Pada 20 September 2004, ia kalah suara dari Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pemilu Presiden 2004 putaran yang kedua.

Baca juga: Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 22 Januari, Ini Daftarnya

Ia menjadi presiden setelah MPR mengadakan Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001. Sidang Istimewa MPR ini diadakan dalam menanggapi langkah Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang membekukan lembaga MPR/DPR dan Partai Golkar.

Ia dilantik pada 23 Juli 2001. Sebelumnya dari tahun 1999–2001, ia menjabat Wakil Presiden pada pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Megawati juga merupakan ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sejak memisahkan diri dari Partai Demokrasi Indonesia pada tahun 1999.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 23 Januari, seperti dilansir dari Wikipedia:

1579

Persetujuan Utrecht ditandatangani, sehingga menyatukan provinsi-provinsi di sebelah utara Belanda.

1942

Nani Wartabone, Pahlawan Nasional Indonesia bersama rakyat Gorontalo memproklamasikan kemerdekaan Gorontalo dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

1946

Perlawanan Rakyat Luwu dipimpin Raja Luwu Andi Djemma melawan penjajahan Belanda.

1947

Hari lahirnya Megawati Soekarnoputri, yang kemudian menjadi Presiden Indonesia kelima.

1949

Hari lahirnya Siti Hardijanti Rukmana, juga dikenal dengan nama panggilan mbak Tutut, putri pak Harto, presiden kedua Republik Indonesia.

1950

Peristiwa Kudeta APRA di Bandung, Jawa Barat yang dipimpin mantan komandan DST (Pasukan Khusus) KNIL Raymond Westerling.

1968

USS Pueblo direbut pasukan Korea Utara, yang mengklaim bahwa kapal tersebut telah memasuki wilayah perairan mereka untuk kegiatan mata-mata.

1991

Berdirinya Televisi Pendidikan Indonesia yang dikenal dengan TPI.

2015

Wafatnya Raja Arab Saudi Abdullah.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wikipedia.org

Ruangan komen telah ditutup.